News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penipuan Terkait Layanan Perbankan Kian Marak, BCA Ungkap Tips Untuk Menghindarinya

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi barang bukti tumpukan uang yang dihadirkan pada kasus penipuan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Centra Asia atau BCA melihat maraknya fenomena penipuan melalui telepon atau WhatsApp yang mengatasnamakan BCA, serta adanya iklan akun BCA palsu di media sosial khususnya Instagram.

Direktur BCA Haryanto T Budiman mengatakan, penipuan tersebut dengan modus menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas.

Selain itu, terdapat penipuan yang menawarkan apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip dengan tujuan penipuan pada aplikasi BCA mobile atau kartu kredit.

Sebagai informasi, nasabah BCA Solitaire dan Prioritas merupakan suatu keanggotaaan (membership) yang bersifat exclusive dan undangan.

Baca juga: Kasus Penipuan Robot Trading DNA Pro yang Merugikan Ribuan Orang Jadi Prioritas Kejagung

‘’Kami mencermati bahwa belakangan ini cybercrime sering terdengar seiring semakin pesatnya perkembangan digital,” ucap Haryanto di Jakarta, Senin (13/6/2022).

“Salah satu jenis cybercrime yang kerap terjadi adalah penipuan online seperti dengan munculnya iklan di media sosial dan meminta data pribadi nasabah seperti nomor kartu kredit, PIN, OTP, dan lain-lain,” sambungnya.

Haryanto mengungkapkan, hal ini patut diwaspadai oleh nasabah karena Bank tidak pernah meminta data pribadi nasabah.

Dalam kesempatan ini, dirinya berbagi tips jika nasabah menemukan modus penipuan.

Pertama, nasabah atau masyarakat harus teliti melihat nomor telepon Halo BCA.

Dimana, nomor telepon Halo BCA tanpa awalan 021, +62 dan sebagainya. Nomor resmi WhatsApp bank BCA juga memiliki centang hijau. Selain itu, nasabah harus waspada itu penipuan.

Baca juga: Marak Penipuan Penawaran Upgrade Jadi Nasabah BCA Prioritas, Jangan Berikan Data Pribadi ke Siapapun

Kedua, untuk akun resmi Instagram BCA hanya @GoodlifeBCA.

Ketiga, website resmi BCA adalah bca(dot)co(dot)id dan Website BCA Solitaire dan Prioritas adalah prioritas(dot)bca(dot)co(dot)id. Serta aplikasi BYC Apps. Jika ada selain ini, sudah pasti itu palsu.

Keempat, keanggotaan BCA Solitaire dan Prioritas hanya bisa didapatkan melalui syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari pihak BCA secara langsung melalui surat resmi kepada nasabah.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini