News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Akses Keuangan Masyarakat Belum Merata, Jadi Satu Faktor Penghambat Pertumbuhan Ekonomi

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

CEO & Co-Founder Brick Gavin Tan. PT Brick Teknologi Indonesia (Brick) telah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai salah satu perusahaan prototype layanan Inovasi Keuangan Digital (IKD).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Platform open data, Brick menyampaikan akses keuangan nasional yang tidak merata pada masyarakat, menjadi salah satu faktor penghambat pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam laporan Statista, per Juni 2021, jumlah kartu kredit di Indonesia hanya sebanyak 16,71 juta, dan untuk jumlah pemegang kartu debit mencapai sebanyak 226,3 juta.

"Hal ini menunjukkan kesenjangan besar dalam inklusi keuangan, di mana sejumlah besar pemegang kartu debit tidak memiliki akses ke kredit," kata CEO dan Founder Brick Gavin Tan dalam keterangannya, Jumat (7/10/2022).

Baca juga: Gubernur Bank Indonesia: Transformasi Digital Jadi Solusi Tingkatkan Akses Keuangan

Menurutnya, kesenjangan akses keuangan tersebut juga menghambat kemampuan masyarakat dalam mengakses modal dan pembiayaan, membatasi konsumsi, serta potensi pertumbuhan individu itu sendiri.

Ia meyakini, terciptanya inklusi keuangan akan membuka jalan bagi setiap individu maupun bisnis untuk memiliki kebebasan finansial melalui berbagai layanan keuangan. 

Aspek ini memiliki peranan penting dalam memenuhi segala kebutuhan individu, seperti tabungan, pembayaran, kredit, serta asuransi yang bisa dilakukan secara efektif dan berkelanjutan.

Selain itu, inklusi keuangan juga mempermudah akses ke berbagai layanan keuangan yang aman, nyaman, dan memadai bagi kelompok rentan, seperti masyarakat berpenghasilan rendah, tinggal di daerah yang tidak terjangkau oleh layanan dan jasa keuangan, kurang terlayani, atau dikeluarkan dari sektor keuangan formal.

"Dengan demikian, hal ini akan mencegah terjadinya ketimpangan di antara lapisan masyarakat," ujarnya. 

Terkait hal tersebut, Brick menjalin kemitraan dengan Visa untuk memberi akses ke wawasan data dan skor dari transaksi debit dan kartu kredit Visa. Ini juga bertujuan untuk membantu perluasan akses keuangan di Indonesia.

Kemitraan ini memungkinkan penyedia layanan keuangan ini untuk mengambil wawasan data transaksi kartu agregat pengguna akhir, atas persetujuan pengguna, untuk penilaian terkait risiko kredit.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pemerintah Terus Berupaya Beri Kemudahan Akses Keuangan Bagi UMKM

"Wawasan tambahan membantu memungkinkan mitra dan klien Brick memberikan pengguna kartu debit Visa wawasan keuangan dan akses yang lebih baik ke kredit melalui keputusan penjaminan emisi yang lebih baik. Ini juga memungkinkan konsumen untuk mengakses jalur kredit yang mungkin tidak dapat mereka lakukan," urai dia.

Brick telah membangun infrastruktur yang memungkinkan pengguna berbagi data dengan aman dengan fintech, saat ini melayani lebih dari 50 klien di Indonesia.

Beberapa di antaranya bergerak di bidang pemberi pinjaman fintech, bank digital dan aplikasi manajemen keuangan pribadi.

"Kemitraan dengan Visa kami yakin dapat memungkinkan lembaga keuangan tersebut untuk memperluas akses keuangan," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini