News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pantau Jalur Pansela untuk Arus Mudik 2023, Kemenhub Akan Perbaikan Penerangan Jalan dan Rambu Lalin

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Hendro Sugiatno berbicara kepada wartawan mengenai pengecekan jalur Pansela dalam rangka menyambut mudik Lebaran 2023 di di Malingping, Banten, Kamis (19/1/2023).

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, BANTEN - Dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2023 (1444 H), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama instansi terkait melakukan kegiatan pengecekan Jalur Pantai Selatan (Pansela).

Jalur yang dicek adalah wilayah Provinsi Banten – Provinsi Jawa Barat – Provinsi Jawa Tengah – Provinsi D.I. Yogyakarta.

Kemenhub bekerja sama dengan stakeholder lainnya terus mensosialisasikan dan memperbanyak sarana dan prasarana di sepanjang jalur pantai selatan Jawa sebagai jalur alternatif.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan, kegiatan pengecekan jalur pansela ini juga merupakan sosialiasi kepada masyarakat.

Baca juga: Jalur Pansela Siap Jadi Alternatif Mudik Lebaran, Kementerian PUPR Siapkan SPBU dan PJU

Ia berujar jalur Pansela dapat digunakan sebagai jalur alternatif ketika jalan tol atau jalur pantura mengalami kepadatan.

"Ketika jalan tol menuju wilayah timur padat dan macet, maka jalur Pansela bisa dijadikan alternatif mudik," kata Hendro di Malingping, Banten, Kamis (19/1/2023).

Dari peninjauan langsung dapat ditemukan sejumlah alasan mengapa jalur Pansela kurang begitu diminati pemudik.

Alasanya karena penerangan jalan yang minim, kurangnya rambu-rambu lalu lintas (lalin) yang bisa membahayakan pengendara, dan minimnya rest area serta SPBU.

"Kita akan kebut pembangunan fasilitas keselamatan jalan untuk penerangan jalan dan perambuan," ujar Hendro.

Menurut dia, jalur Pansela memiliki kondisi yang bagus serta tempat rekreasi yang membentang dari Pelabuhan Ratu sampai pantai-pantai di Yogyakarta.

"Kalau kata Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono), instagrammable," katanya.

Ia menyebut pihaknya akan terus mensosialisasikan bagaimana jalur Pansela bisa dilalui sambil berwisata.

Sembari mensosialisasikan, Hendro berujar akan terus mengupayakan agar masyarakat dapat secara maksimal memanfaatkan jalur Pansela.

"Jangan sampai masyarakat melewati jalan ini, tapi masih ada masalah. Nah, mulai saat ini, kita berusaha meminimalkan masalah-masalah itu," ujatnya.

Ia berharap pembangunannya bisa selesai sebelum musim mudik lebaran.

Selain Hendro, pengecekan ini turut dihadiri oleh Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi, dan Direktur Operasional PT Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini