News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gantikan Railink, PT KCI Kini Kelola Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kereta api Bandara Soekarno Hatta melintas di kawasan setiakawan ujung, menjelang memasuki stasiun Duri, Kamis (2/7/2020). (WARTAKOTA/Nur Ichsan)

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kereta api bandara (KA Bandara) Soekarno-Hatta telah berpindah tangan. Kini, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menjadi pengelolanya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal ketika ditemui di Kementerian Perhubungan, Kamis (2/3/2023).

Sebelumnya operasional KA Bandara Soekarno-Hatta dikelola oleh PT Railink, anak perusahaan hasil kerja sama dua BUMN, yaitu Kereta Api Indonesia (KAI) dan Angkasa Pura II.

"Dari operator KAI ingin serahkan sebagian KA Bandara ke PT KCI untuk mengelola KA Bandara Soekarno-Hatta. Railink sudah enggak main di Jakarta," katanya.

Tak hanya itu, Risal menyebut operasional KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) juga kemungkinan diserahkan ke KCI.

"(Operasional KA Bandara) di Jakarta diserahkan ke KCI. Jogja juga diserahkan. Mereka juga efisiensi pelayanan," ujar Risal.

Terkait serah terima, ia tidak memberi detailnya lebih lanjut karena itu merupakan kebijakan perusahaan yang terlibat.

Sebagai informasi, KA Bandara Soekarno Hatta melintasi Stasiun Batu Ceper, Stasiun Duri, Stasiun BNI City dan berakhir di Stasiun Manggarai.

Baca juga: Tarif Tiket Kereta Bandara Railink Makin Murah, Sekarang Mulai dari Rp 5 Ribu

Dikutip dari laman resmi Railink, total jarak yang ditempuh KAI Bandara Soetta sejauh 36.3 KM dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Sebelum pandemi Covid 19, KA Bandara melayani 7O KA dalam sehari dengan kapasitas angkut 19.040 per hari.

Baca juga: KAI Commuter Pakai Peron 9 Kereta Bandara untuk Optimalkan Perjalanan KRL

Saat ini, setiap harinya melayani 40 perjalanan dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan layanan kelas eksekutif dan
premium.
 
 
 
 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini