News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Badai PHK

Wattpad Pecat 15 Persen Karyawan, Ada Paket Pesangon Gaji 12 Minggu dan Tunjangan 6 Bulan

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Platform daring Wattpad mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 15 persen karyawannya.

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, TORONTO - Platform daring Wattpad mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 15 persen karyawannya, Selasa (7/3/2023).

Sebanyak 42 orang dari 267 karyawan Wattpad terdampak PHK tersebut. Platform daring yang memungkinkan penggunanya membaca dan menulis cerita itu mengatakan, pihaknya memberikan paket pesangon yang mencakup gaji 12 minggu dan tunjangan selama enam bulan kepada karyawan yang di-PHK.

Melansir dari Techcrunch, Wattpad menyalahkan ketidakpastian ekonomi global atas tindakan pemotongan biaya operasional perusahaan dan mengatakan PHK berdampak pada semua divisinya.

“Seperti yang Anda ketahui, realitas ekonomi global selama setahun terakhir telah berubah secara mendasar dan seperti bisnis lainnya, kami tidak kebal," kata Interim President of Wattpad, KB Nam.

"Terlepas dari upaya terbaik kami selama beberapa bulan terakhir untuk membatasi dampak lingkungan ekonomi yang berubah, hari ini, kami telah membuat keputusan yang sulit namun perlu untuk mengurangi tenaga kerja kami,” lanjutnya.

Nam menyebut, "keputusan ini adalah tanggapan terhadap perubahan realitas dan kebutuhan bisnis, dan sama sekali bukan cerminan dari kontribusi individu. Semua orang di Wattpad telah mencapai banyak hal dan memberikan dampak positif pada perusahaan kami.”

Tahun lalu, Wattpad menunjuk Nam dari Naver Webtoon sebagai presiden sementara setelah Jeanne Lam memutuskan keluar. Wattpad menjadi bagian dari perusahaan Korea Selatan Naver setelah diakuisisi senilai 600 juta dolar AS pada 2021.

Baca juga: Meta Kembali Siapkan PHK Putaran Baru, Sasar Ribuan Karyawan

Pada Juni tahun lalu, perusahaan yang berbasis di Toronto, Kanada itu memperkenalkan program kreator baru yang dapat membayar penulis hingga 25 ribu dolar AS. Selain itu, Wattpad juga meluncurkan metrik pengukuran baru yang disebut “Engaged Readers” untuk penulis di platformnya.

Wattpad dikembangkan oleh Allen Lau dan Ivan Yuen pada 2006. Platform ini menyediakan cerita dengan lebih dari 50 bahasa dan hampir 300.000 penulis dari 35 negara berpartisipasi dalam kompetisi menulis tahunan Watty Awards.

Baca juga: Perusahaan Teknologi Self-Driving Waymo PHK 137 Karyawan

Sejumlah cerita yang diunggah di Wattpad telah diadaptasi menjadi drama TV dan film, salah satunya film populer The Kissing Booth. Hingga November 2021, pengguna bulanan Wattpad mencapai lebih dari 90 juta pengguna.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini