News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2023

Garuda Indonesia dan Citilink Siapkan 1,2 Juta Kursi Penerbangan Untuk Lebaran 2023

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia Boeing 777-300 ER mendarat di Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Garuda Indonesia bersama anak usahanya, Citilink, menyiapkan sedikitnya 1,2 juta kursi penerbangan pada periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Maskapai nasional Garuda Indonesia bersama anak usahanya, Citilink, menyiapkan sedikitnya 1,2 juta kursi penerbangan pada periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Tahun ini, arus mudik dan balik diproyeksikan akan berlangsung pada 15 April (H-7) sampai dengan 30 April (H+8), baik untuk rute domestik dan internasional.

Upaya optimalisasi kapasitas produksi tersebut dilakukan melalui pengoperasian pesawat berbadan lebar hingga peningkatan frekuensi penerbangan, utamanya rute-rute dengan permintaan tinggi.

Baca juga: Garuda Indonesia Bakal Layani Penerbangan Manado ke Tokyo Awal Maret Ini

Adapun komposisi ketersediaan kursi Garuda Group tersebut terdiri dari sedikitnya 518.856 kursi yang akan disediakan oleh Garuda Indonesia dengan mengoperasikan sejumlah pesawat wide-body.

Di antaranya, Airbus A330-900, Airbus A330-300, dan Boeing 777-300ER. Sementara, Citilink akan mempersiapkan 722.080 kursi yang akan dilayani diantaranya dengan armada Airbus A320-200.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan penambahan kapasitas penerbangan ini merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia dan Citilink memastikan kelancaran, kenyamanan, dan keselamatan mobilisasi masyarakat selama Lebaran 2023.

"Mobilisasi masyarakat selama musim mudik lebaran tahun ini dapat terpenuhi dengan memastikan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan transportasi udara dapat berjalan optimal,” kata Irfan dalam keterangannya, Minggu (2/4/2023).

Ketersediaan kursi penerbangan Garuda Indonesia Group di periode Lebaran tahun ini mencatatkan peningkatan signifikan hingga mencapai 45 persen dibandingkan dengan periode peak season pada 2022.

Adapun kapasitas penerbangan Garuda Indonesia akan dioptimalkan di sejumlah rute-rute yang memiliki high demand seperti Jakarta - Padang, Jakarta - Semarang, Jakarta - Solo, Jakarta - Yogyakarta, Jakarta – Denpasar.

Baca juga: Dirut Garuda Indonesia Soal Investasi Emirates dan Etihad: Saya Serahkan ke Pemilik

Langkah tersebut turut diselaraskan dengan peningkatan frekuensi penerbangan internasional baik untuk tujuan Singapura, Amsterdam, Seoul hingga Bangkok.

"Kami secara berkala memonitor dan mengantisipasi adanya kebutuhan extra flight yang nantinya akan disiapkan menyesuaikan dengan pergerakan masyarakat jelang hari raya," ujar Irfan.

Irfan juga mengatakan persiapan secara terintegrasi dari hulu ke hilir operasional penerbangan akan terus ditingkatkan melalui koordinasi intensif bersama stakeholder kebandarudaraan, serta konsistensi penerapan service and operations excellent Garuda Indonesia Group.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini