News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

China Rilis Kereta Cepat Lintas Laut Fuxing G9801, Bisa Melaju 350 Km Per Jam

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kereta Cepat Fuxing G9801 berangkat dari Stasiun Kereta Fuzhou melintasi rute Fuzhou-Xiamen-Zhangzhou di Provinsi Fujian, bagian tenggara China, Kamis 28 September 2023. Xinhua/Lin Shanchuan

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Pemerintah China resmi meluncurkan Kereta Cepat Fuxing G9801 yang melintasi rute membentang di atas laut di sepanjang pantai Provinsi Fujian dekat Selat Taiwan, Kamis (28/9/2023).

“Jalur kereta cepat Fuzhou-Xiamen-Zhangzhou sepanjang 277 kilometer resmi dibuka dengan keberangkatan sebuah kereta cepat dari Fuzhou, ibu kota provinsi Fujian pada Kamis pagi,” sebut kantor berita Xinhua.

Peluncuran kereta cepat lintas laut ini jadi pertama kali yang dilakukan Pemerintah China, dengan investasi senilai 53 miliar yuan dan menjadi mega proyek infrastruktur terbaru yang melintasi jembatan dan tiga teluk pesisir dengan kecepatan hingga 350 km per jam.

Sebelum diresmikan, pemerintah China diketahui telah lebih dulu membangun proyek dan jalur kereta cepat lintas laut sejak 2017.

Berbeda dari kereta biasa, Pemerintah China mengklaim proyek barunya menampilkan berbagai teknologi cerdas, termasuk internet of things, komputasi tepi, hingga sistem informasi geografis.

Sehingga semua sistem operasional sepenuhnya dijalankan otomatis dan hanya memerlukan pengoperasian oleh manusia dalam keadaan darurat.

Dengan hadirnya kereta cepat lintas laut tersebut, kini waktu tempuh antara kota Fuzhou dan Xiamen yang menjadi pusat ekonomi dan tujuan wisata populer di Cina, hanya memakan waktu kurang dari satu jam.

Lebih singkat ketimbang perjalanan menggunakan kereta biasa yang membutuhkan waktu tempuh 1 jam 20 menit.

Baca juga: Menko Luhut: Presiden Xi Jinping Bakal Hadir pada Soft Launching Kereta Cepat Whoosh

Pemerintah China berharap peluncuran proyek ini dapat meningkatkan peluang investasi kota Fujian yang belakangan dijadikan sebagai zona pembangunan terintegrasi dengan Taiwan

“Jalur kereta api ini menyatukan hampir semua tantangan yang dihadapi selama pembangunan proyek kereta cepat sebelumnya,” kata Li Pingzhuo, manajer proyek China Railway Siyuan Survey and Design Group Co., Ltd, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Baca juga: Cara Daftar Naik Kereta Cepat Whoosh Gratis di Ujicoba Tahap II

Hingga tahun 2022 Cina dilaporkan telah mengoperasikan 42.000 km jalur kereta api berkecepatan tinggi. Sementara, panjang jalur kereta api berkecepatan tinggi yang biasanya beroperasi dengan kecepatan 350 km per jam telah mendekati angka 3.200 km.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini