News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dukung ESG, CGS-CIMB Sekuritaas Jalankan River Trashboom Project di Hilir Cisadane

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kegiatan River Trashboom Project di hilir Sungai Cisadane.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - CGS-CIMB Sekuritas Indonesia menyelenggarakan kegiatan River Trashboom Project untuk mengatasi pencemaran alur sungai sekaligus memberi manfaat bagi masyarakat di sekitar aliran sungai.

President Director of PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, Lim Kim Siah mengatakan, proyek ini selaras dengan strategi ESG (Environmental, Social dan Governance) untuk mendukung program Net Zero Emission di 2060 oleh Pemerintah.

Program ini diawali dengan penyelenggaraan Program Pondok Pemuda di 2022 bekerja sama dengan NGO SeaSoldier melibatkan100 peserta dari 22 provinsi dan menghasilkan final project untuk aksi mengatasi permasalahan iklim sesuai prinsip SDGs ke-13: River Trashboom Project - Cerita Sungai.

Kemudian dilanjutkan dengan program yang dijalankan diĀ  hilir Sungai Cisadane, Tangerang berupa kegiatan menjaring sampah sungai dan memberikan edukasi ke masyarakat bantaran sungai tentang dampak pencemaran lingkungan sekitar sungai dan manfaat dibangunnya penjaring sampah (Trashboom), hingga keberlangsunganĀ  proyek ini.

Sampah yang terjaring didaur ulang untuk mendukung perekonomian warga sekitar.

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia juga melakukan penanaman 100 bibit pohon di area bantaran Sungai Cisadane.

Edukasi yang komprehensif juga diberikan kepada masyarakat sekitar mengenai dampak perubahan iklim, pengurangan timbunan sampah padat yang berpotensi mengurangi emisi karbon di udara, potensi untuk mengurangi masalah banjir, serta mengurangi jumlah sampah di laut.

Baca juga: Jakarta Marathon 2023 Hari Ini Digelar, Peserta dan Pengunjung Diedukasi Pentingnya Memilah Sampah

"Dengan merealisasikan secara nyata proyek tersebut di tahun ini, kami berharap dapat memberikan solusi penanganan pencemaran sungai dan juga potensi pencemaran laut melalui pembangunan penjaring sampah (Trashboom) di area hilir sungai dan melakukan proses daur ulang sampah yang terkumpul," ucap Lim Kim Sah di Tangerang, Minggu (21/10/2023).

Baca juga: Nelayan Pulau Pramuka Ubah Sampah Plastik Jadi BBM

"Kegiatan ini merupakan investasi untuk masa depan bumi kita. Kami senang dapat kembali mendukung proyek ini dengan memberikan dukungan penuh serta mendidik masyarakat tentang kepedulian terhadap sungai dan pentingnya melakukan aksi nyata perubahan iklim," pungkasnya.

Di penyelenggaraan program ini CGS-CIMB Sekuritas Indonesia mendapatkan dukungan penuh Indonesia Stock Exchange (IDX).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini