News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pelaku UMKM di Cianjur Diberikan Pelatihan Digital Marketing Hingga Pembuatan NIB

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kegiatan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kolaborasi yang dilakukan ID Food Group di Desa Cinangsi, Cikalongkulon, Cianjur, selama dua hari pada 29-30 November 2023.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) berpartisipasi dalam gelaran Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kolaborasi yang dilakukan ID Food Group di Desa Cinangsi, Cikalongkulon, Cianjur, Jawa Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari pada 29-30 November 2023, di antaranya bidang pendidikan, lingkungan, pengembangan UMKM, dan kegiatan santunan untuk anak yatim.

Kepala Sekretariat Perusahaan PPI, Noverita Anggraeny, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dampak positif kehadiran PPI dan ID Food Group kepada masyarakat khususnya Desa Cinangsi, Cikalongkulon, Cianjur.

Baca juga: Program TJSL Indonesia Re: Beasiswa Anak Karyawan Hingga Bantuan Perumahan

“Kami berharap selain dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat, maka program TJSL ini dapat menciptakan mitra TJSL, baik komunitas di desa atau wilayah binaan yang dapat mendukung bisnis PPI dan ID Food Group,” kata Noverita ditulis Sabtu (2/12/2023).

Program TJSL ini darimulai dengan program pengembangan UMKM yakni ID Food Berkembang Bersama UMKM. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 29 peserta UMKM yang berada di Desa Cinangsi.

Adapun usaha para UMKM tersebut yakni mulai dari produk makanan rengginang, renggining, hingga budidaya tanaman.

Pada kesempatan tersebut, puluhan UMKM di Desa Cinangsi diberikan pelatihan terkait digital marketing hingga pembuatan Nomor Induk Berusaha. Hal ini bertujuan agar para UMKM yang hadir dapat meningkatkan kapasitas usaha yang dimiliki.

Pada program pendidikan, PPI bersama dengan ID Food Group memberikan seminar umum kepada 250 siswa di SMKN 1 Cikalongkulon.

Baca juga: Jalankan TJSL, Ratusan Paket Sembako Dibagikan ke Masyarakat Banyuwangi

Materi yang diberikan diantaranya pengenalan tentang bisnis ID Food Group, pemahaman tentang bisnis peternakan, serta perdagangan. Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga digunakan untuk memotivasi semangat belajar para siswa di SMKN 1 Cikalongkulon.

Selanjutnya, pada program lingkungan, PPI dan ID Food Group melaksanakan penanaman 300 pohon yang terdiri atas pohon buah dan pohon keras.

Penanaman tersebut dilakukan di areal tanah desa Cinangsi. Kegiatan penanaman tersebut juga dihadiri langsung oleh Musyawah Pimpinan Kecamatan (Muspicam) Cikalongkulon, seperti Kapolsek Cikalongkulon, dan Danramil Cikalongkulon.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan Program TJSL Kolaborasi ID Food Group di Desa Cinangsi, PPI bersama ID Food Group melaksakanan kegiatan sosial kemasyarakatan, yakni dengan membagikan paket sembako kepada 65 anak yatim di Desa Cinangsi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini