News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

TIKI dan 53 Tahun Eksistensinya di Industri Kurir, Gerakkan Roda Perekonomian Lewat Model Kemitraan

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gerai Tiki milik Syafrudin di Jakarta Selatan. Gerai ini resmi dibuka pada 24 Juli 2023 lalu dan diberi nama Agen Kurir Mantap (AKM) Gerai Langgar. 53 tahun eksistensi TIKi di insdustri kurir, TIKI selalu mengedepankan model kemitraan dalam mengembangkan bisnisnya.

TRIBUNNEWS.COM - Pensiun bukan berarti berhenti untuk produktif. Bukan tak mungkin seorang pensiunan dapat ikut memberdayakan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya untuk membuka lapangan kerja dan turut mendorong roda perekonomian.

Itulah yang ada dipikiran Syafrudin dan Budi Setyati, dua sosok yang saat ini menjadi mitra dari PT Citra Van Titipan Kikat atau TIKI, perusahaan yang bergerak di bidang kurir dan logistik.

Syafrudin merupakan seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kejaksaan RI yang saat ini tinggal di daerah Jakarta Selatan.

Setelah memasuki masa pensiun, Syafrudin tak ingin berdiam diri begitu saja. Pria yang pernah tergabung dalam kepengurusan Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA) ini ingin turut berbuat sesuatu yang bisa membantu menggerakan perekonomian di sekitarnya.

Syafrudin sebelumnya telah memiliki warung kelontong. Namun ia memiliki keinginan lainnya, yakni membuka usaha agen jasa ekspedisi kurir.

Syafrudin cukup menangkap peluang yang ada di industri logistik di mana tren belanja online saat ini menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Selain itu, ia juga menilai lingkungannya cukup ramai dan ada potensi bisa bertumbuh.

Bak gayung bersambut, Syafrudin yang merupakan nasabah Bank Mandiri Taspen (ManTap) ini akhirnya bisa mewujudkan keinginannya.

Setelah mengikuti sebuah seminar dan berbincang dengan pihak Bank ManTap, ia diberi tahu bahwa saat ini Bank ManTap berkolaborasi dengan TIKI menghadirkan program Agen Kurir ManTap.

Syafrudin pun kemudian dihubungkan dengan pihak TIKI dan setelah berkomunikasi tempatnya langsung disurvey.

Tempat yang ia jadikan lokasi gerap Agen Kurir ManTap ini bersebelahan dengan warung kelontong yang telah ia punya sebelumnya.

"Akhirnya di survey lokasinya untuk mengetahui apakah memenuhi syarat. Berbagai hal disurvey mulai dari segi lokasi, jarak, akses jalan dan lalu lintas. Akhirnya semuanya yang terkait dengan usaha pengiriman barang ini dinyatakan dapat mendukung sehingga bisa diterima jadi agen TIKI," tutur Syafrudin.

"Dari pertama survey kira-kira satu minggu kemudian sudah dinyatakan diterima setelah melihat beberapa persyaratan yang mendukung. Tak lama setelah disetujui, satu minggu kemudian langsung opening."

"Oleh TIKI semua diberikan peralatan, tapi sebelum itu dikirim ada pegawai saya yang mau dipekerjakan itu diberikan pelatihan dua sampai tiga hari," tuturnya.

Gerai Tiki milik Syafrudin akhirnya resmi dibuka pada 24 Juli 2023 lalu dan diberi nama Agen Kurir Mantap (AKM) Gerai Langgar.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini