News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tingkatkan Kapasitas Usaha, 147 Pelaku UMKM Dapat Pelatihan Lanjutan

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kegiatan UMK Academy 2024.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 147 pelaku UMKM terpilih kembali mendapatkan pelatihan untuk membantu mengembangkan usahanya di tengah ketatnya persaingan.

Adapun 147 pelaku UMKM terpilih untuk pelatihan kelas II, merupakan peserta program UMK Academy 2024 yang dijalankan Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB).

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan, Pertamina terus mendukung dan mendorong pertumbuhan UMK yang berkelanjutan melalui pelatihan secara optimal.

“Sejalan dengan SDGs poin 8, Pertamina Patra Niaga Regional JBB dalam hal ini berkomitmen dalam meningkatkan kualitas usaha Indonesia," tutur Eko dikutip Senin (22/7/2024).

Dalam kegiatan pelatihan lanjutan, peserta diberikan pembinaan mengenai pentingnya perencanaan bisnis yang baik, bagaimana pola pikir perencanaan yang matang untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Kemudian, cara jitu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat relasi usaha demi meningkatkan kolaborasi serta mendorong pertumbuhan usaha yang berkelanjutan bagi para peserta.

Baca juga: Nobu Bank Perluas Akses Transaksi QRIS di Sentra Kuliner UMKM Mojokerto

Pertamina UMK Academy 2024 mengusung tema Beri Energi Baru Menuju UMK Maju yang terdiri dari empat kelas yakni Go Modern, Go Online, Go Digital dan Go Global.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini