News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemindahan Ibu Kota Negara

Proyek Bandara IKN Terancam Molor, Menhub Budi Siapkan Dua Skenario Tamu VVIP saat HUT RI di IKN

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan sinyal, bahwa pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) terancam molor dari yang sebelumnya ditargetkan beroperasi pada awal Agustus nanti.

Menhub Budi mengatakan, pihaknya telah melaporkan hal tersebut kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dia bilang, proses pembangunan Bandara VVIP di IKN tidak perlu dipaksakan.

"Presiden menyampaikan arahan yang tegas untuk tidak terlalu dipaksakan. Memang ada kemungkinan tertunda, tetapi Insya Allah akhir Agustus akan selesai," ujar Menhub dalam keterangannya, Senin (29/7/2024).

Baca juga: Jembatan Pulau Balang Penghubung ke IKN Telah Diresmikan Jokowi, Hutama Karya Ungkap Spesifikasinya

Menhub Budi bilang, kondisi cuaca yang buruk selama dua bulan terakhir menjadi tantangan terbesar dalam pembangunan bandara IKN.

Adapun pada proyek bandara IKN, Kemenhub membangun terminal bandara, sementara landasan pacu (runway) dibangun oleh Kementerian PUPR.

Untuk itu, Menhub telah menyiapkan skenario penerbangan pada perayaan 17 Agustus mendatang, yakni melalui bandara IKN atau melalui bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan dan bandara APT Pranoto Samarinda.

Sebelumnya, pada saat melakukan peninjauan proyek pembangunan Bandara IKN pada Selada (4/6) lalu, Menhub Budi menargetkan Bandara IKN akan beroperasi 1 Agustus 2024.

Dia bilang, progres pembangunan landasan pacu dan gedung terminal secara garis besar sudah sesuai rencana.

"Untuk landas pacu dan gedung terminal, perubahannya signifikan dan terlihat jelas, jika dibandingkan saat saya terakhir kali ke sini pada akhir April lalu. Kemajuan ini tentu sangat menggembirakan," kata Menhub Budi dalam keterangannya, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Nginep di IKN: Presiden Jokowi Ngaku Tidurnya Tak Nyenyak, Iriana Borong Tas di Pasar

Menhub Budi berharap, sinergi yang dibangun antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kemenhub dan para pekerja dapat mewujudkan komitmen bersama untuk menyelesaikan Bandara IKN pada 1 Agustus 2024.

"Insya Allah, Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti," kata Menhub Budi.

"Mudah-mudahan cuaca di sini senantiasa cerah, sehingga proyek pembangunan bandara bisa berjalan dengan lancar," sambungnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini