News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Strategi GTM Buka Peluang Maksimalkan Penjualan dan Pertumbuhan Bisnis

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peng Yuan Lee, Senior Director of APAC Regional Go-To-Market Operations Equinix.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Strategi go-to-market (GTM) merupakan elemen penting bagi perusahaan yang ingin memperkenalkan produk atau layanan baru di pasar Indonesia yang dinamis dan beragam.

GTM merupakan rencana terperinci yang digunakan oleh perusahaan untuk mengirimkan produk atau layanan baru ke pasar. Strategi ini mencakup semua aspek yang berkaitan dengan peluncuran produk, termasuk penentuan target pasar, nilai unik penjualan, saluran distribusi, dan taktik pemasaran serta penjualan.

Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa produk atau layanan tersebut diterima dengan baik oleh pasar, mencapai pangsa pasar yang signifikan, dan memberikan nilai yang maksimal bagi pelanggan

Peng Yuan Lee, Senior Director of APAC Regional Go-To-Market (GTM) Operations (APAC) di Equinix mengatakan, pasar Indonesia memiliki tantangan tersendiri seperti keberagaman budaya, variasi preferensi konsumen, dan infrastruktur yang berbeda di setiap daerah. Hal ini membuat strategi GTM yang efektif sangat penting.

Baca juga: Gen Z Jadi Target Pengenalan Inovasi Teknologi Terkini di Industri Engineering

Perusahaan harus merancang strategi yang tidak hanya memperhatikan kebutuhan dan keinginan pasar lokal tetapi juga mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dinamika pasar.

Menurutnya, menjalani peran sebagai bagian dari tim Operasional GTM Equinix adalah kesempatan bisa bekerja sama dengan berbagai individu dari lintas departemen.

"Dengan keterlibatan dalam banyak inisiatif transformatif perusahaan, peran ini melibatkan penerapan pedoman untuk meningkatkan proses penjualan, menggunakan dan mengedukasi tentang prosedur penjualan standar dan alat CRM, serta mendidik para pemangku kepentingan untuk memastikan sumber kebenaran tunggal bagi organisasi kami untuk mengandalkan keputusan berbasis data," ujarnya dikutip Sabtu, 10 Agustus 2024.

Dia menjelaskan, dengan merampingkan operasional sehari-hari, menyelaraskan segmentasi penjualan, dan mengoordinasikan perencanaan wilayah, tim berkontribusi pada kesuksesan organisasi secara keseluruhan.

Dia juga memaparkan, tim GTM memberikan dukungan penting kepada tim penjualan melalui dukungan eksekusi terakhir. Sebagai bagian dari pilar pendapatan operasional (RevOps), setiap fungsi membawa kekuatan unik yang menjadikan kami mitra strategis bagi tim penjualan Equinix.

Untuk fungsi Perencanaan dan Operasional Penjualan, timnya bekerja sama sangat erat dengan tim penjualan perusahaan, mulai dari fase perencanaan dan penetapan kuota, menjalankan bisnis dan membuat prakiraan yang akurat, serta memanfaatkan prosedur dan alat standar.

Dia mengatakan, industri teknologi saat ini sedang mengalami transformasi besar, dengan bisnis mencari peluang untuk memanfaatkan fondasi teknologi yang kuat dan yang dapat mendukung kecepatan, layanan sesuai permintaan, dan kemampuan untuk mengubah pengeluaran modal (CAPEX) menjadi pengeluaran operasional (OPEX).

Selain itu, perusahaan mencari model yang fleksibel untuk pusat data dan pengaturan layanan untuk mendukung berbagai kasus penggunaan bisnis mereka.

Menurutnya, Equinix berada di posisi unik untuk menyediakan nilai-nilai tersebut kepada pelanggan. "Dengan pendekatan digital-first, kami dapat memenuhi kebutuhan bisnis yang berkembang dengan menawarkan solusi yang skalabel dan gesit yang memungkinkan mereka beradaptasi dengan tuntutan pasar yang terus berubah," sebutnya.

Dengan memanfaatkan jaringan luas pusat data yang saling terhubung, perusahaannya memberdayakan organisasi untuk mengoptimalkan infrastruktur TI mereka, meningkatkan kinerja, dan mendorong inovasi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini