News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sukseskan Program B50 Prabowo, Kementan Minta Seluruh Stakeholder Beri Dukungan

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Prayudi Syamsuri (paling kiri) dalam gelaran Perkebunan Indonesia Expo 2024 di Indonesia Convention Exhibition Tangerang.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Kementerian Pertanian (Kementan) meminta seluruh stakeholder yang berkaitan dalam ekosistem biodiesel dapat mendukung program Biodiesel B50.

Diketahui, Pemerintahan periode 2024-2029 akan mendorong pengembangan program campuran antara bahan bakar minyak solar dengan bahan bakar nabati dari kelapa sawit.

Yakni ambisi pengembangan campuran antara minyak solar 50 persen, dengan bahan bakar nabati sebesar 50 persen, alias B50.

Baca juga: Cerita Toyota Kijang Innova Reborn Aman Tenggak B50, Sudah Melaju Hingga 170.000 Km Tanpa Masalah

Hal ini diungkapkan Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Prayudi Syamsuri dalam gelaran Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang.

Prayudi mengapresiasi mengenai keberhasilan kebijakan mandatori B35 yang sudah berjalan, dan rencana implementasi program B50 untuk ke depannya.

“Dalam implementasi perlu dukungan yang bisa dipercaya dan dipahami bersama bahwa kita siap memasuki program B50," papar Prayudi, Sabtu (14/9/2024).

Baca juga: BUNEX Menebar Inspirasi: Perkebunan Menjanjikan, Dari Bisnis Hingga Wisata Edukatif

"Oleh karena itu, kita diskusi bersama-sama bagaimana langkah-langkah yang perlu dipersiapkan," sambungnya.

Produksi sawit di dalam negeri juga perlu dosoroti, mengingat keberadaan sawit digunakan untuk olahan pangan hingga kosmetik.

Jangan sampai, produksi dalam negeri kekurangan pasokan untuk memenuhi kebutuhan berbagai industri.

"Pertama, mengamankan ketahanan pangan kita ke depan, selanjutnya bagaimana langkah-langkah kita menyiapkan sawit dan perkebunan lainnya menjadi bahan baku bahan bakar nabati sebagai wujud pembangunan hijau dan pembangunan berkelanjutan,” tambah Prayudi.

Baca juga: Perkebunan Indonesia Expo 2024 Pajang Toyota Kijang Innova B50 di ICE BSD

Untuk itu, pihaknya mendorong dengan diselenggarakannya di Bunex 2024 dapat menjadi referensi pemerintah, lembaga, industri swasta, dan seluruh stakeholder menyusun implementasi B50 ke depan.

Yakni sesuai dengan arahan Presiden terpilih untuk mencapai kedaulatan pangan dan energi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini