News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Munaslub Kadin

Tuding Ilegal, Kubu Arsjad Rasjid Tolak Akui Kepengurusan Kadin Indonesia Hasil Munaslub

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Konferensi pers Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid di JS Luwansa, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennus Destryawan


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia kubu Ketua Umum Arsjad Rasjid menolak mengakui hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin Indonesia yang berlangsung Sabtu, 14 September 2024 dan menjadikan Anindya Bakrie sebagai ketua umum Kadin Indonesia yang baru.

Menurut dia, Munaslub Kadin Indonesia hari Sabtu adalah ilegal dan tidak sah serta bertentangan dengan AD/ART organisasi.

Arsjad menegaskan, hasil Munaslub Kadin bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri Indonesia dan Keppres No. 18 tahun 2022 tentang Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia

"Kami semua ini sangat menyayangkan kegiatan Munaslub Ilegal yang diselenggarakan hari Sabtu 14 September 2024 di Hotel St. Regis," ujar Arsjad di Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2024).

Arsjad melihat munaslub sebagai upaya individu dan kelompok untuk mengambil alih kepengurusan Kadin Indonesia dengan menyalahi aturan yang berlaku. Karena itu, dia dan pengurus Kadin tidak mengakui hasil munaslub.

"Kami menegaskan bahwa kami tidak mengakui terjadinya Munaslub di hari Sabtu lalu. Kadin Indonesia adalah lembaga independen, rumah bersama pelaku usaha dan organisasi dunia usaha," tambah Arsjad.


Arsjad menyesalkan terselenggaranya Munaslub yang telah melanggar aturan yang berlaku. Dia kembali menegaskan, hasil Munaslub tidak sah.

"Sekali lagi kegiatan munaslub atas nama Kadin Indonesia di hari Sabtu kemarin tidak sah. Tidak," tegas Arsjad.

Karena itu, Arsjad akan mengambil langkah hukum untuk menyikapi Munaslub kemarin. Dia menyebut saat ini Kadin di bawah kepemimpinannya sedang menginvestigasi untuk menelusuri latar belakang dari adanya Munaslub.

Baca juga: Protes Arsjad Rasjid Pasca Munaslub: Kami Dihalangi Masuk Ruangan Menara Kadin

"Kami akan mengambil langkah hukum untuk menjaga integritas organisasi dan menegakkan aturan hukum yang berlaku," tambah Arsjad.

Anindya Novyan Bakrie baru saja terpilih secara aklamasi sebagai ketuauUmum Kadin Indonesia melalui munaslub di Hotel St Regis, Jakarta, Sabtu (14/9/2024).

Baca juga: Arsjad Rasjid Kibarkan Bendera Perang Lawan Anin: Munaslub Kadin Tak Sah, Siapkan Jalur Hukum

Hal tersebut membuat Kadin Indonesia memiliki dualisme kepengurusan yakni Kadin di bawah kepengurusan Arsjad Rasjid hasil Munas VIII Kadin di Kendari, Sulawesi Tenggara, 30 Juni 2021 serta Kadin versi Anindya Bakrie hasil muanslub yang dilantik sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia hari Minggu (15/9/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini