News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ciptakan Pasar Industri Halal, Kemenperin Buka Halal Indo pada 26-29 September di ICE BSD 

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Eko S.A. Cahyanto, dalam pembukaan Halal Indo di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (26/9/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, potensi produk halal banyak diperlukan di Indonesia. Ini membuka peluang untuk industri mengembangkan produk halal.

Untuk menciptakan pasar bagi industri halal, Kementerian Perindustrian secara resmi menyelenggarakan Halal Indo mulai 26-29 September 2024 di ICE BSD, Tangerang. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Eko S.A. Cahyanto, menyampaikan sebagai upaya nyata untuk mendukung perluasan akses pasar, Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan Dyandra Promosindo menyelenggarakan Halal Indonesia International Industry Expo (Halal Indo).

"Selain perluasan akses pasar, Kementerian Perindustrian juga memberikan edukasi dan halal awareness, serta memfasilitasi interaksi antara pelaku industri dengan publik," tutur Eko saat membuka pameran Halal Indo, Kamis (26/9/2024).

Baca juga: Optimalisasi Penguasaan Pasar Halal Indonesia Lewat Halal Indo 2024

Halal Indonesia yang merupakan bagian dari Industrial Festival menyajikan 202 booth yang terdiri dari sektor industri makanan dan minuman halal, farmasi, kosmetik, tekstil dan apparel, keramik dan perlengkapan makan, kawasan industri halal,
muslim fashion dan barang gunaan lainnya. 

"Kami bersemangat mengangkat isu halal melalui Industrial Festival, yang ditujukan bagi generasi muda, komunitas, serta siapapun yang memiliki ketertarikan besar terhadap perkembangan industri halal di Indonesia," imbuh Eko.

Industrial Festival akan menampilkan berbagai aktivitas seperti community engagement, workshop dan coaching clinic, voice of industry, pop up market, lomba foto jurnalistik dan konten kreatif, serta pertunjukan seni yang diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk lebih aktif dalam mendukung dan mengembangkan industri halal. 

"Kami percaya bahwa melalui kegiatan-kegiatan ini, kita dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya industri halal," ucap Sekjen Kemenperin

Rangkaian kegiatan Halal Indo, Industrial Festival, dan penganugerahan IHYA 2024 diharapkan dapat menjadi kesempatan yang sangat berharga bagi semua untuk bersama-sama memajukan industri halal Indonesia. 

"Kami sangat mengapresiasi dukungan dari semua pihak yang telah turut serta mensukseskan acara ini, terutama Dyandra Promosindo. Kami yakin dengan semangat kolaborasi dan inovasi, industri halal Indonesia akan semakin maju dan mampu bersaing di kancah global," kata Eko.

Diharapkan kegiatan pameran ini bisa menjadi bagian dari rangkaian pameran halal internasional yang sudah banyak dikenal baik di Malaysia, Turki, Saudi Arabia dan beberapa negara anggota organisasi konferensi Islam lainnya.

Selanjutnya, Kemenperin akan terus mendorong kegiatan Halal Indo ini di tahun-tahun berikutnya dengan jangkauan yang lebih luas, dengan peserta yang lebih beragam dan juga dengan produk-produk yang memang wajib untuk memenuhi aspek kehalalan baik dalam pengadaan bahan baku, proses produksi, sampai kepada distribusinya.

"Potensi Indonesia sangat besar sekali untuk pengembangan industri halal. Oleh karena itu, kami senantiasa terus mendorong kerjasama dengan seluruh pihak yang memiliki kepentingan dan terkait dengan industri halal ini untuk kita semua bersama-sama mengembangkan produk-produk halal, sehingga Indonesia bisa menjadi pusat dari produksi halal dunia dan juga bisa menjadi bagian dari global halal supply chain," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini