News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Generasi Y, Z dan Alpha Cenderung Pilih Datang ke Penjual yang Menerima Pembayaran QRIS

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi QRIS

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia mencatat pertumbuhan transaksi pembayaran menggunakan QRIS meningkat di Indonesia. Hingga Juli 2024, transaksi QRIS melesat 226,54 persen (year on year) atau dalam kurun waktu setahun terakhir.

Konsultan keuangan Aidil Akbar Madjid mengatakan, populernya QRIS dipicu oleh teknologi yang sedemikan canggih, kemudahan telepon pintar yang baik dan kebiasaan generasi milenial (gen Y), generasi Z (gen Z) dan generasi Alpha, terutama di kota besar yang lebih suka melakukan pembayaran dengan metode non-tunai dibandingkan membawa uang tunai kemana-mana.

Baca juga: Berlaku Mulai September 2024, GoPay Gratiskan Biaya Transaksi QRIS untuk UMKM

"Hal ini juga terkonfirmasi dengan menurunnya jumlah transaksi di ATM yang bisa diterjemahkan dengan menurunnya jumlah orang mengambil uang tunai di ATM karena berdasarkan data Bank Indonesia, transaksi menggunakan kartu debit di ATM turun 5,41 persen secara tahunan menjadi Rp 615,18 triliun," kata Aidil dalam keterangannya, Senin (30/9/2024).

Dikatakannya, meskipun angka penggunaan QRIS naik, namun masih banyak usaha, terutama usaha mikro dan ultra mikro, seperti pedagang yang enggan menggunakan QRIS dikarenakan banyak hal, misalnya potongan biaya.  

Potongan biaya yang sebesar 0,4 persen untuk pengusaha mikro tersebut hanya dikenakan untuk transaksi yang besarannya diatas Rp100 ribu sementara transaksi lain dengan nominal dibawah itu tidak dikenakan potongan biaya apapun.

Aidil menyebutkan, banyak yang menggunakan QRIS, omzetnya justru malah meningkat dikarenakan pengunjung (gen Y, gen Z dan gen Alpha) yang lebih memilih datang ke penjual yang menerima pembayaran QRIS ini dibanding ke tempat lain yang hanya menerima pembayaran cash.

Baca juga: Dukung Bank Indonesia, GoPay Dorong Perluasan QRIS Secara Nasional

"Indonesia sedang berlomba seperti negara maju dimana metode pembayaran secara elektronik semakin digemari sehingga  harus siap dan melek teknologi, dan pedagang dan pengusaha mikro dan ultra mikro harus mulai berani mencoba menerima metode pembayaran ini," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini