News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bisa Jadi Bahan Baku Bioetanol dan Biofuel, Penyerapan Karbondioksida Tanaman Sagu Capai 289 Ton

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pameran Sagu Expo yang diselenggarakan pada 2-6 Oktober 2024 di Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Potensi lahan sagu Indonesia mencapai 5,5 juta hektar (Ha). Akan tetapi pemanfaatannya masih rendah, yaitu kurang dari 4 persen luas areal sagu nasional atau sekitar 212.468 Ha.

Pemanfaatan yang rendah ini disebabkan oleh beberapa kendala, seperti minimnya infrastruktur, fasilitas penunjang, keterampilan dan kapasitas SDM.

Selain itu, rendahnya popularitas komoditas sagu juga menjadi penghambat proses pengembangan yang pada akhirnya membatasi pencapaian potensi komoditas ini.

Baca juga: Kemenperin Bentuk Perluasan Pasar Dengan Sagu Expo di Pusat Perbelanjaan Sarinah

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, menyatakan jika dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut, masih banyak potensi sagu yang dapat dieksplorasi, seperti pemanis, bioetanol, hingga biofuel.

"Tingginya kandungan serat dan pati yang dimiliki oleh sagu, berpotensi untuk menjadi bahan baku pada pengembangan industri biofuel dan bioetanol," tutur Agus dalam pembukaan pameran Sagu Expo di Pusat Perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).

Limbah yang dihasilkan pada proses pengolahan sagu dapat dimanfaatkan menjadi beberapa produk, baik pakan dan biogas. 

Baca juga: Pemanfaatan Sagu Rendah, Kemenperin Dorong Hilirisasi Lewat Diversifikasi Produk

Menperin menambahkan, tanaman sagu memiliki kapasitas untuk menyerap karbondioksida atau CO2 yang sangat tinggi, sehingga mampu membantu pemerintah mengurangi emisi.

"Tanaman sagu memiliki laju penyerapan CO2 yang tinggi, yaitu sekitar 289 ton CO2/ha/tahun, sehingga dapat menjadi salah satu kontributor perlambatan global warming," terangnya.

Selain itu, penanaman sagu, khususnya pada lahan gambut, dapat menjadi area konservasi air, sehingga dapat mencegah pengeringan lahan, kebakaran, serta dapat menahan terlepasnya karbon dari lahan.

"Sangat banyak manfaat sagu bagi industri maupun lingkungan kita dan alangkah sayangnya jika potensi ini tidak kita kembangkan dan manfaatkan sebaik-baiknya," kata Menperin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini