News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Markas Pusat Bank Mandiri Jadi Gedung dengan Manajemen Energi Terbaik

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Plaza Mandiri yang merupakan Kantor Pusat PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, menjadi bangunan terbaik dalam kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plaza Mandiri yang merupakan Kantor Pusat PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, menjadi bangunan terbaik dalam kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung.

Adapun, raihan ini didapatkan Bank Mandiri di ajang Penghargaan Subroto 2024.

Hal ini tentu menegaskan Bank Mandiri dalam komitmen menerapkan prinsip keberlanjutan dalam operasional perusahaan.

Adapun, gedung yang dikelola oleh PT Gedung Bank Exim (GBE) ini berhasil mengungguli nominator gedung besar lainnya di Indonesia berkat penerapan strategi efisiensi energi yang berkelanjutan dan inovatif, berdasarkan penilaian yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Baca juga: Mandiri Looping for Life! Cara Bank Mandiri Wujudkan Ekonomi Berkelanjutan Lewat Daur Ulang Pakaian

Presiden Direktur GBE, Gempur Soesetyo Hadi mengatakan, manajemen energi berkelanjutan di Gedung berlantai 32 tingkat itu telah mengacu pada best practice internasional dengan mengedepankan prinsip efisiensi dan berkelanjutan.

“Sebagai salah satu pengelola aset milik Bank Mandiri, kami berkomitmen untuk mendukung dan terus berkolaborasi dengan Bank Mandiri untuk menerapkan manajemen energi terbaik pada operasional seluruh aset yang dikelola,” ungkap Gempur dalam keterangannya, Jumat (11/10/2024).  

Ia melanjutkan, salah satu efisiensi yang diterapkan adalah retrofitting atau penambahan teknologi terbarukan pada Sistem Pengguna Energi Signifikan (SEUs) seperti sistem air conditioning dan sistem pencahayaan hemat energi.

“Hasilnya sangat signifikan. Karena Plaza Mandiri mampu melakukan penghematan sebesar 33 persen dari baseline (2017) hingga tahun 2023 sebesar 11.735.360 kWh/tahun atau setara dengan mengurangi emisi karbon sebesar 10.327,12 ton CO2/MWh,” bebernya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan tim SDM khusus yang berfungsi untuk memantau dan mengevaluasi penerapan teknologi serta melakukan sosialisasi kepada seluruh pengguna gedung.

Selain gedung Plaza Mandiri, saat ini PT Gedung Bank Exim juga tercatat sebagai pengelola Mandiri Digital Tower, yang telah memperoleh sertifikasi Platinum dari Green Building Council.

Sertifikasi ini menunjukkan komitmen terhadap bangunan ramah lingkungan dan dukungan Bank Mandiri dalam mencapai sasaran keberlanjutan serta penerapan ESG yang komprehensif.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini