News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menhub Resmikan Peningkatan Standar Pelayanan Minimum Stasiun Jurangmangu 

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Wakil Direktur Utama PT Jaya Real Property Henky Wijaya, dan PJ Walikota Tangerang Selatan Tabrani dalam acara Peresmian Peningkatan Standar Pelayanan Minimum (SPM) di Stasiun Jurangmangu.

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan peningkatan Standar Pelayanan Minimum (SPM) di Stasiun Jurangmangu, Tangerang Selatan, Sabtu (12/10/2024).

Menhub Budi mengapresiasi kerjasama yang dibangun oleh KAI, Pemerintah Kota Tangerang, PT Pembangunan Jaya, dan semua pihak yang terlibat dalam mewujudkan visi Pemerintah menjadikan stasiun sebagai pusat transportasi yang terhubung dengan kegiatan ekonomi seperti yang dilakukan di Stasiun Jurangmangu. 

Menurutnya, kehadiran Stasiun Jurangmangu hasil kerjasama berbagai pihak ini, menjadikan masyarakat akan lebih terdorong menggunakan transportasi publik dan mengurangi beban jalan raya.

"Pembangunan Stasiun Jurangmangu bukan hanya peningkatan di stasiun saja, tetapi ini merupakan wujud Kawasan Berorientasi Transit (TOD) yang memberi nilai tambah bagi pengguna Commuterline. Fasilitas sesuai SPM ini merupakan bagian dari roadmap untuk transportasi kereta api yang terintegrasi, modern, dan ramah pejalan kaki," kata Menhub Budi, di Stasiun Jurangmangu.

Peresmian tersebut secara seremonial dilakukan dengan penekanan tombol oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Wakil Direktur Utama PT Jaya Real Property Henky Wijaya, dan PJ Walikota Tangerang Selatan Tabrani. 

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, revitalisasi dan Pengembangan Kawasan Terintegrasi di Stasiun Jurangmangu dilakukan oleh PT KAI dan PT Jaya Real Property (JRP) melalui perjanjian kerja sama untuk melakukan penataan, pengembangan, dan peningkatan akses baru di Stasiun Jurangmangu, Tangerang Selatan. 

"Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan peningkatan pelayanan dan kenyamanan para pengguna Commuterline di Stasiun Jurangmangu dalam rangka mendukung konsep Transit Oriented Development (TOD) perkotaan yang sedang digalakkan Pemerintah," kata Didiek.

Didiek menyampaikan, peningkatan fasilitas meliputi penambahan eskalator dan lift di dua sisi akses penghubung peron (sebelumnya hanya ada tangga manual), perluasan hall dan peninggian atap hall stasiun, penataan toilet, mushola, dan signage, penataan parkir dan penataan gerbang utama. Menurutnya, Stasiun Jurangmangu sendiri sangat penting karena berada di tengah pembangunan yang pesat, diantaranya Bintaro Jaya. 

 

"Stasiun Jurangmangu akan menjadi stasiun Commuterline yang terintegrasi dengan pusat keramaian seperti MaIl Bintaro Jaya Exchange, Boulevard Bintaro Jaya, Tegal Rotan, Lingkar Bxchange, kawasan Universitas Pembangunan Jaya dan dekat dengan akses tol Jakarta – Serpong," ucap Didiek.

"Stasiun Jurangmangu juga mempermudah akses masyarakat dari dan menuju Serpong maupun Tanah Abang. Ini merupakan bagian dari komitmen KAI Group menghadirkan layanan kereta api sebagai solusi ekosistem transportasi terbaik," sambungnya.

Sementara itu, Didiek berharap dengan adanya revitalisasi dan pengembangan kawasan yang terintegrasi bisa menghadirkan konektivitas yang lebih baik sehingga menarik minat dan mempermudah masyarakat menggunakan angkutan umum massal, khususnya Commuterline sehingga dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara.

 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini