News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

Terungkap, Prabowo Pilih Budi Santoso Sebagai Menteri Perdagangan Atas Usulan Zulkifli Hasan

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Serah terima jabatan Menteri Perindustrian dari Zulkifli Hasan kepada Budi Santoso di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Menteri Perdagangan era Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan mengungkap perannya dalam menentukan seseorang menduduki Menteri Perdagangan Kabinet Merah Putih 2024-2029.

Ia mengaku mengusulkan nama Budi Santoso sebagai Menteri Perdagangan di pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

Zulkifli yang saat ini menjadi Menteri Koordinator Bidang Pangan, menyatakan Budi Santoso dinilai sosok tepat untuk memimpin Kementerian Perdagangan.

Baca juga: Zulhas Lengser, Budi Santoso Terharu Jadi Mendag Pertama dari Pejabat Karier

"Saya mengusulkan pejabat karir kepada bapak presiden Prabowo yaitu Pak Budi karena sudah terlatih. Sudah pernah menjabat sebagai Irjen, sudah pernah Sekjen dan saya sampaikan kepada pak Prabowo belum pernah ada dari pejabat karir yang menjadi Menteri Perdagangan," cerita pria yang akrab disapa Zulhas saat serah terima jabatan dirinya ke Budi Santoso di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2024).

Sebelum mengusulkan Budi Santoso, Zulhas terinspirasi saat melihat foto-foto mantan Menteri Perdagangan terdahulu.

Dari foto-foto yang ada di Auditorium Kementerian Perdagangan, mantan Mendag belum pernah berasal dari pegawai asli Kementerian Perdagangan.

"Saya lihat foto-foto mantan Menteri Perdagangan ini saya tanya, ada tidak nama pejabat karir yang menjadi menteri. Ternyata bilang belum pernah. Oleh karena itu semua tergantung amal sholehnya. Saya mengusulkan yang pejabat karir kepada bapak presiden terpilih yaitu Pak Budi," terang Zulhas.

Zulhas pun mengucapkan selamat kepada keluarga besar Kementerian Perdagangan karena telah memiliki pemimpin yang berasal dari internal.

"Jadi saya ucapkan selamat kepada Pak Menteri Perdagangan dan keluarga, serta Kementerian Perdagangan karena sudah punya menteri yang berasal dari internal. Jadi tidak perlu khawatir para eselon satu dan pejabat lainnya, bisa saja nanti menjadi menteri lagi, menjadi wapres atau bahkan menjadi presiden," kata Zulkifli.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini