News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pimpin AOTCA, Ruston Tambunan akan Perluas Pengaruh Asia Oceania di Perpajakan Global

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

DR. Ruston Tambunan (tengah) terpilih menjadi Presiden Asosiasi Konsultan Pajak Asia Oseania atau AOTCA untuk periode mendatang.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DR. Ruston Tambunan terpilih menjadi Presiden Asosiasi Konsultan Pajak Asia Oseania atau AOTCA untuk periode mendatang.

Ia mendapat mandat dalam sidang pendahuluan konferensi tahunan Asia Oceania Tax Consultants’ Association (AOTCA) yang diadakan di Hangzhou, Tiongkok, 23 Oktober 2024,

Mantan Ketua Umum Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) memaparkan visinya akan membawa organisasinya lebih nyaring di level pergaulan internasional.

Baca juga: Aturan Baru Pemprov DKI: Reklame Nama Usaha Tidak Kena Pajak Asalkan Tinggi Maksimal 15 Meter

"Saya akan membawa AOTCA naik level, dan semakin dikenal secara global, bukan hanya di Asia Oceania tapi lebih luas lagi. Untuk mencapai ini, AOTCA akan lebih mengefektifkan kolaborasi dengan asosiasi konsultan pajak Eropa (CFE = Confederation Fiscale Europeenne) dan juga Global Tax Advisors Platform (GTAP) yang pendirinya ada 3 Asosiasi yaitu Asia Oceania Tax Consultants' Association (AOTCA), CFE dan asosiasi Konsultan Pajak Afrika WAUTI (West African Union of Tax Institutes), " katanya.

Melalui GTAP, katanya, negara-negara AOTCA dapat menyuarakan kepentingan Asia Oceania ke OECD dan UN terkait dengan perpajakan gobal.

Ke depan AOTCA sendiri melalui Technical Committee yang ada di AOTCA atau bekerjasama dengan GTAP dapat lebih berkontribusi dalam mereview atau memberi usulan kebijakan perpajakan internasional dari sisi perspektif kepentingan negara-negara  anggota AOTCA.

"Selain itu saya menjajaki kerjasama AOTCA dengan International Fiscal Association (IFA), organisasi global lainnya yang lebih besar dan berbasis worldwide," jelasnya.

Ruston sebelumnya pernah terpilih sebagai Deputi Presiden AOTCA dalam General Meeting AOTCA tahun 2022.

Khusus untuk IKPI, Ruston berpesan, harus mengharumkan nama Indonesia dan tentu saja khususnya IKPI menjadi asosiasi kelas dunia sesuai Visi IKPI serta anggotanya mempunyai kompetensi berkelas global.

Pada konferensi di Hangzhou, delegasi Indonesia datang dengan rombongan besar 90 orang profesional IKPI.

Konferensi tahunan Asosiasi Konsultan Pajak Asia Oseania (AOTCA) diadakan di Hangzhou, Tiongkok pada bulan Oktober di musim gugur emas. Ini merupakan kali kedua dalam 16 tahun sejak Konferensi AOTCA 2008 diselenggarakan di Shanghai, Tiongkok.

“Senang rasanya mempunyai teman yang datang dari jauh. Atas nama Asosiasi Agen Pajak Bersertifikat Tiongkok (CCTAA), saya dengan tulus menyambut semua orang yang hadir,” kata LIU, Lijian, Presiden Asosiasi Agen Pajak Bersertifikat Tiongkok.

IKPI Cabang Bekasi diwakili oleh Umi Khulsum Ph.D, yang baru saja diwisuda menjadi doktor bidang keuangan dari Asia E University Malaysia. Wanita ini juga tercatat sebagai Dosen Akuntansi di STEBI Lampung.

Sekadar informasi, AOTCA General Meeting and International Tax Conference merupakan ajang pertemuan para konsultan pajak profesional yang berada di wilayah Asia dan Oceania.

Forum ini dimaksudkan untuk saling bertukar pengetahuan terkait peraturan dan kebijakan perpajakan di masing-masing negara di mana anggota AOTCA berasal.

Adapun 15 negara yang menjadi anggota antara lain adalah: Australia, Indonesia, Singapore, Malaysia, Jepang, China, Hong Kong, China Taipei, Vietnam, Filipina, India, Nepal, Korea, Thailand, Mongolia dan lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini