News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

UPDATE Covid-19 di Sumbar: 11 Pasien Positif Masih Dirawat, 4 Sembuh, 3 Meninggal Dunia

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktivitas warga saat pulang kerja di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (9/4/2020). Pemprov DKI Jakarta resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibukota DKI Jakarta untuk memutus mata rantai virus corona atau Covid-19 pada Jumat (10/4) setelah disetujui oleh Menteri Kesehatan Terawan, PSBB berlaku selama 14 hari sesuai surat keputusan Kementerian Kesehatan dan bisa diperpanjang melihat situasi dan kondisi. Tribunnews/Jeprima

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNNEWS.COM, PADANG - Sebanyak 11 pasien positif corona atau Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar) hingga kini masih dirawat di sejumlah rumah sakit di wilayah Sumbar.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat (Sumbar) Jasman Rizal, mengatakan enam di antara 11 pasien tersebut dirawat di RSUP M Djamil Padang.

Kemudian, tiga dirawat di RSAM Bukittinggi, satu orang di RSUD M Zein Painan, dan satu orang di Semen Padang Hospital.

"Selain dirawat, pasien positif juga ada yang isolasi mandiri di rumah sebanyak 10 orang," ungkap Jasman Rizal.

Ia merincikan, pasien yang isolasi mandiri tersebut merupakan pasien RSAM Bukittinggi 4 orang, RSUD Pariaman 1 orang, dan pasien mandiri bukan pasien salah satu rumah sakit 5 orang.

Hingga kemarin, Kamis (9/4/2020) Jasman Rizal mengatakan, sudah tiga orang pasien positif Covid-19 meninggal dunia.

Lalu, empat pasien positif terinfeksi virus corona juga telah dinyatakan sembuh.

Selanjutnya, dari informasi beberapa rumah sakit rujukan, beberapa pasien positif juga telah menunjukkan gejala membaik.

Baca: HOAX! Info Angin Utara Bawa Wabah Penyakit Selama 3 Hari, Ini Penjelasan BMKG

"Kita doakan mereka segera sembuh," harap Jasman Rizal.

Berdasarkan pantauan TribunPadang.com di laman corona.sumbar.go.id, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) di Sumbar juga mengalami kenaikan.

Untuk kategori ODP saat ini berjumlah 4.305 orang, padahal sebelumnya tercatat 4.066 orang.

4.305 rinciannya adalah 1.473 proses pemantauan dan 2.832 selesai pemantauan.

Sementara untuk PDP, saat ini terdata ada 100 orang dengan rincian 16 masih dirawat, 9 isolasi di rumah, dan 75 negatif covid-19.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit menyebutkan pihaknya telah menggambarkan secara keseluruhan apa saja program-program yang dibuat dalam rangka pencegahan covid-19.

Baca: ODP Kabur dari Wisma Atlet Aji Imbut Tenggarong, Kabarnya Kini Ada di Makassar

Ia mengatakan, seiring bertambahnya jumlah ODP dan PDP, seluruh rumah sakit yang menangani pasien tersebut diminta menghubungi Kepala Laboratorium Unand untuk diperiksa swab-nya.

Kemudian, untuk masyarakat yang masuk ke Sumbar, Nasrul Abit meminta kesadaranya untuk melaporkan kedatangan di daerah masing-masing.

"Mari bersama-sama memerangi dan bertanggung jawab untuk transparan, sehingga petugas kesehatan bisa bertindak cepat," kata Nasrul Abit.

Artikel ini telah tayang di Tribunpadang.com dengan judul 11 Pasien Positif Corona di Sumbar Masih Dirawat, 10 Isolasi Mandiri, 4 Sembuh & 3 Meninggal Dunia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini