News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Jokowi Minta Masyarakat untuk Waspada dan Jangan Panik Pasca Omicron Terdeteksi di Indonesia

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait perkembangan Covid-19 varian Omicron, di Istana Merdeka, Kamis (16/12/2021). Presiden Joko Widodo mengimbau seluruh warga masyarakat dan pejabat negara untuk tidak pergi ke luar negeri. Hal ini mengingat penyebaran Covid-19 varian omicron telah menyebar di banyak negara, termasuk Indonesia. BPMI Sekretariat Presiden

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk waspada setelah varian Omicron terdeteksi di Indonesia.

Namun Jokowi juga meminta masyarakat agar tidak panik dengan adanya varian Omicron ini.

Pasalnya, sejauh ini masih belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa Omicron memiliki karakter yang membahayakan nyawa pasien.

Terlebih bagi pasien yang sudah mendapatkan vaksin.

"Waspada penting, tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik. Sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien yang sudah mendapatkan vaksin," kata Jokowi dalam tayangan video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Omicron Masuk ke Indonesia, Luhut Minta Masyarakat Tetap Tenang, Waspada dan Terapkan Prokes

Oleh karena itu Jokowi meminta kepada seluruh masyarakat yang belum vaksin untuk segera divaksin.

"Untuk itu saya minta semua warga yang belum mendapatkan dua kali vaksin, apalagi yang sama sekali belum divaksin untuk segeralah mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin," imbuhnya.

Jokowi juga mengingatkan, meski kondisi Covid-19 di Indonesia sudah mendekati normal, tapi protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan.

Yakni dengan terus memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

Baca juga: Omicron Sudah Masuk Indonesia, Ketua APPBI: Roda Perekonomian Harus Tetap Jalan

Lebih lanjut, Jokowi meminta kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan testing dan tracing.

"Meski situasi di dalam negeri sudah mendekati normal, saudara semuanya jangan kendor menerapkan protokol kesehatan. Tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan untuk pemerintah daerah, testing dan tracing kontak erat digencarkan lagi, ditingkatkan lagi," tutur Jokowi.

Terakhir, Jokowi meminta seluruh masyarakat atau pejabat negara untuk menahan diri tidak bepergian ke luar negeri, sampai situasi pademi di Indonesia reda.

"Saya minta seluruh warga dan pejabat negara untuk menahan diri tidak bepergian ke luar negeri. Paling tidak sampai situasi reda," pungkasnya.

Baca juga: Cegah Omicron Meluas, Jokowi Minta Warga dan Pejabat Tahan Diri Tak Bepergian ke Luar Negeri

Satgas Covid-19 Tetap Gunakan Strategi Pencegahan yang Sama Hadapi Varian Omicron

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini