News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ibadah Haji 2019

Gara-gara Jamaah Haji Sering Lupa Pakai Alas Kaki Bikin Sibuk Petugas Medis

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kedatangan jamaah haji Indonesia di Gate Road Makkah Bandara Prince Mohammad Abdulaziz International Airport, Madinah, Senin (8/7/2019). Ini merupakan kedatangan pertama dengan menggunakan layanan fasttrack, yang hanya membutuhkan waktu 15 menit dari turun pesawat sampai jamaah menaiki bus.

TRIBUNNEWS.COM - Kedatangan jamaah haji asal Indonesia sudah memasuki minggu ke-2 di Tanah Suci, Mekkah, Saudi Arabia.

Sebagian besar jamaah dari Indonesia sudah berada di Madinah sebagai bagian gelombang satu.

Di Madinah, aktivitas ibadah jamaah haji dipusatkan di masjidil Nabawi.

Namun sayangnya, banyak jamaah haji asal Indonesia yang tidak memperhatikan hal-hal penting yang sudah diingatkan sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.

Hal paling sering menjadi permasalahan jamaah haji adalah penggunaan alas kaki.

Padahal, lantai di luar bangunan masjid sangatlah panas. Kondisi ini sering menyebabkan cedera pada telapak kaki dari jemaah.

Alhasil, tim Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (P3JH) sering menemukan jamaah yang keluar dari bangunan masjid tanpa menggunakan alas kaki.

Baca: Mulai 14 Juli, Jamaah Haji Indonesia Bergerak ke Mekkah

Akibatnya, banyak jemaah mengalami cedera pada telapak kaki. Hal ini terjadi karena jamaah sering lupa menyimpan alas kaki nya.

“Tim P3JH adalah bagian dari PPIH non kloter yang memberikan layanan umum dengan kemampuan khusus kesehatan. Tim ini hanya membantu penanganan darurat awal, selanjutnya masalah kesehatan ditangani oleh petugas PPIH Kesehatan” jelas Mahesa Paranadipa, Wakil Koordinator Tim P3JH dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/7).

“Cedera pada kaki akibat menginjak lantai yang panas dapat menghambat aktivitas ibadah selanjutnya jamaah. Oleh karenanya penting bagi jamaah untuk memperhatikan arahan dari petugas kesehatan dan pembimbing di kloternya masing-masing” tambah Mahesa.

Berita ini sudah tayang di kontan berjudul Duh, jamaah haji asal Indonesia sering lupa pakai alas kaki

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini