News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ibadah Haji 2023

Tim PKP3JH Bantu Jemaah yang Tertinggal Temannya dan Tersesat di Masjid Nabawi

Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Jemaah Haji (PKP3JH) sektor khusus Masjid Nabawi membantu jemaah yang kehilangan temannya, Rabu (25/5/2023) malam.

Laporan Wartawan Surya, Galih Lintartika

MADINAH, SURYA - Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Jemaah Haji (PKP3JH) sektor khusus Masjid Nabawi membantu jemaah yang kehilangan temannya, Rabu (25/5/2023) malam.

Dia adalah Moktar Nasution (82) dari Mandailing Natal embarkasi Kualanamu. Dia tertinggal temannya saat duduk di pelataran hotel. Dia sempat masuk ke dalam hotel, dan setelah keluar kaget temannya sudah tidak ada.

Baca juga: Jemaah Haji Wajib Penuhi Sederet Syarat Ini Sebelum dan Sesudah Tiba di Arab Saudi

Setelah itu, Moktar yang kebingungan pun berjalan kaki ke jalan raya mencari temannya, dan masuk ke Masjid Nabawi. Karena, jarak hotel dan Masjid Nabawi pun sangat dekat. Beruntung, tim PKP3JH menemukan Moktar.

Bersama tim PKP3JH sektor khusus, Moktar diajak duduk di pelataran Masjid Nabawi. Petugas haji memberikannya kursi lipat untuk duduk. Ini adalah SOP yang dilakukan untuk membuat jemaah haji ini tenang dulu.

Baca juga: Beruntungnya Bisa Ibadah Haji Bersama Orang Tercinta

Imran, petugas PKP3JH mengatakan, ternyata problemnya adalah jemaah ini tertinggal temannya dan tersesat. Dia bingung dan berjalan mencari temannya. “Langsung kami amankan,” katanya.

Dikatakannya, setelah duduk tenang, baru bertanaya soal pasportnya, dari jemaah mana dan data - data pribadinya. Ternyata, ditemukan datanya. “Langkah kami menunggu rombongannya,” jelasnya.

Menurut dia, seragam jemaah haji Indonesia itu kan batik. Sehingga mudah dikenal. “Allhamdulillah, tadi sudah ketemu dengan rombongannya satu regu, dan diajak salat ke Masjid Nabawi,” terangnya.

Dia menyebut, memang banyak kejadian seperti ini. Apalagi, memang kebanyakan jemaah itu khawatir dan panik saat tertinggal temannya. Ia menyebut, layanan yang di sektor khusus siap membantu jemaah. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini