News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ibadah Haji 2023

Jemaah Akan Mendapatkan Menu Cepat Saji Saat Puncak Ibadah Haji, Ada Rendang hingga Buah-buahan

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Katering untuk jamah haji

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH- Jemaah haji akan mendapatkan menu cepat saji dalam pelaksanaan puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina).

Menu cepat saji untuk para jemaah adalah menu nusantara.

Baca juga: Jadwal Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia dari Arafah-Muzdalifah-Mina

Jemaah akan mendapatkan menu makanan seperti rendang ayam, semur, Mangut Lele, serta gulai ikan yang disediakan oleh Masyariq atau Muassasah.

Direktur Jenderal Pembinaan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief menjelaskan, makanan yang akan disajikan, adalah menu makanan siap saji.

"Nasinya akan terpisah. Layanannya ready to eat. Siap saji, ini lebih memudahkan pelayanan disana dan untuk rasa juga lebih terjaga," katanya, Senin (19/6/2023).

"Kita melihat ada nasi, kemudian lauk pauk ada rendang di situ kemudian ada ikan, ada Lele Mangut dan lain sebagainya kemudian juga ada bubur Kacang Ijo. Inilah jenis-jenis makanan yang akan disajikan untuk jamaah kita," tambahnya.

Baca juga: Hadapi Puncak Haji, PPIH Bentuk Satuan Operasional Armina

Terkait pendistribusian yang akan dilakukan, Hilmi menjelaskan, akan ada tim khusus pendistribusian.

Selain nasi dan lauk pauk, juga akan disediakan buah buahan.

Dapur produksi katering jemaah haji di Indonesia milik Jawharat Asia Catering di Makkah. Jawharat Asia Catering akan melayani konsumsi jemaah haji Indonesia selama berada di Makkah. (Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019)

"Dan air. Jadi, seperti biasa yang didapatkan oleh jemaah tetapi yang saat kita menggunakan (makanan) siap saji," kata dia.

Selama pelayanan di puncak haji, katering akan membangun dapur untuk pendistribusian makanan kepada jemaah di 70 maktab agar lebih mudah dan cepat didapatkan para jemaah haji.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini