News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ibadah Haji 2024

Begini Kondisi Kamar Hotel Pemondokan Jemaah Calon Haji asal Indonesia di Madinah

Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

BEGINILAH kondisi kamar hotel berbintang yang menjadi pemondokan jemaah calon haji Indonesia di Madinah, Almunawarah, Sabtu (11/5/2024).

Laporan Khalidin Umar Barat

TRIBUNNEWS.COM, MADINAH - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memaksimalkan persiapan untuk menyambut kedatangan jemaah calon haji asal Indonesia yang akan tiba Minggu (12/5/2024) di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah .

Salah satu persiapan yang dilakukan memastikan semua hotel tempat pemondokan jemaah selama berada di Madinah sudah siap digunakan.

Baca juga: Jemaah Haji Lansia Capai 45.000 Orang, Ini Layanan Khusus yang Bakal Diterima Selama di Arab Saudi

 "Survei kemarin semua hotel sudah siap," ujar Kepala Sektor 1 Madinah Suratman di Madinah, Sabtu (11/5/2024).

Dalam hal persiapan ini Khalidin Umar Barat Jurnalis Serambi Indonesia dalam Tim Media Center Haji Indonesia (MCH) turut memantau hotel lokasi pemondokan jamaah.

Ada dua hotel yang menjadi sampel pengecekan yakni Safwat Almadinah dan Hotel Abraj-Tabah.

Keduanya berada di Markaziyah Syamaliah. Hotel Safwat Almadinah berada di sektor 1, sementara Abraj-Tabah berada di sektor 2.

Baca juga: Berjarak 50 Meter, Ini Hotel Jamaah Haji Indonesia Terdekat ke Masjid Nabawi, Masuk Pintu Romantis’

Khusus untuk Hotel Abraj-Tabah, pemondokan ini akan menjadi hotel pertama yang ditempati jamaah kedatangan gelombang pertama. 

Abraj-Tabah memiliki kapasitas 388 kamar dengan total 1.512 tempat tidur.

Rencananya, tiga Kloter dari tiga embarkasi yakni Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), dan Lombok (LOP) akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sekitar pukul 07.00 WAS dengan total calon haji sebanyak 930 orang.

Mengenai fasilitas, tiap-tiap kamar memiliki perbedaan jumlah tempat tidur, mulai dua hingga lima tempat tidur. Khusus jemaah lansia mereka ditempatkan di lantai paling bawah.

Di tiap lorong juga disediakan air minum isi ulang, sehingga jemaah tidak usah khawatir kekurangan air. Adapun jarak hotel ini ke Masjid Nabawi hanya sekitar 150 meter saja.

"Kami juga menyediakan lima kursi roda dari Daker Madinah dan dua dari hotel, sehingga totalnya tujuh kursi roda," kata Penanggung Jawab Lansia Sektor 2 Madinah Luthfi anwar Mahbubi di Hotel Abraj-Tabah.

Baca juga: Arab Saudi Bekali Jemaah Haji Smart Card saat di Makkah untuk Kepentingan Deteksi dan Validitas 

Sementara untuk Hotel Safwar Almadinah letaknya lebih dekat lagi dengan Masjid Nabawi hanya sekitar 100 meter saja. Bahkan pintu masuk hotel langsung mengarah ke masjid bersejarah bagi umat Islam tersebut.

Akan ada tiga Kloter yang menempati hotel ini yakni Embarkasi Batam (BTH), Makassar (UPG), dan Solo (SOC). Kedatangan akan dimulai sejak pukul 13.50 WAS dengan total 1.022 calon haji.

Untuk fasilitas kamar tidak jauh berbeda dengan Hotel Abraj-Tabah. Tiap-tiap hotel juga terdapat satu dokter, dua perawat, dan satu petugas promosi kesehatan untuk memantau kesehatan jemaah calon haji. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini