News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Chef William Membuat Kagum 130 Warga Jepang

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kegiatan kuliner yang dipromosikan kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo mulai besok (16/5/2016). Warga Jepang bersama chef Wiliam Wongso

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, Tokyo - Indonesia untuk pertama kalinya membuat acara Indonesian Culinary Fair di Tokyo Jepang mulai besok Senin (16/5/2016).

"Ini acara bakalan menarik karena dihadiri chef terkenal Indonesia, Willam Wongso," papar Ricky Suhendar Atase Penerangan KBRI khusus kepada Tribunnews.com Minggu ini (15/5/2016).

Sebelumnya (12/5/2016), sang chef ter4sebut membuat pertemuan dengan para siswa Jepang.

"Beberapa siswa tampak antusias untuk mencicipi rendang padang, asam padeh dan soto ayam lamongan yang baru saja selesai didemonstrasikan cara membuatnya oleh ahli kuliner kenamaan Indonesia, William Wongso dan tim. Demo masak ini diselenggarakan di Hattori Nutrition College dan Le Cordon Bleu, sekolah kuliner yang prestisius di Jepang (12/05/2016)," tambahnya.

Sebanyak 130 peserta nampak memenuhi ruang kelas tersebut. Sebagian besar adalah mahasiswa Jepang sejumlah 82, beberapa media yang berhubungan dengan dunia kuliner dan pendidikan masak, serta perusahaan yang terkait dengan sekolah masak.

"Chef William Wongso beserta tim dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 jurusan Tata Boga, Kudus nampak asyik dan interaktif dalam membagikan ilmu cara memasak ketiga hidangan tersebut kepada para peserta."

Selain itu isteri isteri Duta Besar RI Tokyo, Dr. Dewi Lusiana Ihza Mahendra mengungkapkan, "Indonesia memiliki tradisi kuliner yang sangat kaya, bahkan mungkin paling kaya di dunia, karena masakan Indonesia merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi negeri kami," paparnya dalam pembukaan workshop di kedua tempat tersebut.

Selain itu, masakan Indonesia dikenal memiliki cita rasa yang kuat, karena dalam proses pembuatannya menggunakan banyak sekali rempah-rempah khas Nusantara, sehingga inilah kebanggaan kami sebagai bagian dari Indonesia yang memiliki keberagaman, tambah Dewi.

“KBRI Tokyo bekerjasama dengan Djarum Foundation mendatangkan SMK Negeri 1 Kudus dan chef William Wongso untuk berbagi pengetahuan tentang kuliner Indonesia kepada pelaku industri makanan seperti hotel dan restoran”, papar Ricky Suhendar lagi.

Tujuan jangka panjangnya adalah tidak hanya untuk diplomasi kuliner Indonesia namun untuk penetrasi pasar industri kuliner Jepang lanjut, ungkapnya.

Rangkaian acara untuk memperkenalkan kuliner Indonesia akan dilanjutkan dengan Indonesian Culinary Fair Tokyo 2016 : the Taste of Indonesia selama satu bulan di Hotel Prince Shinagawa Tokyo dengan menghadirkan ragam menu masakan Indonesia.

Sementara itu, resepsi pembukaan Indonesian Culinary Fair akan diselenggarakan 16 Mei 2016 dengan mengundang berbagai tamu undangan utamanya pelaku industri makanan, pemerhati kuliner, travel biro, politisi, serta pemerhati budaya. ]

Dalam resepsi tersebut juga akan ditampilkan budaya tradisional Indonesia atas dukungan Kementerian Pariwisata RI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini