News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Iriana Joko Widodo Kunjungi Akademi Kesenian Tiongkok

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Jokowi tiba di Bandara Internasional Xiaoshan Hangzhou, Tiongkok untuk menghadiri KTT G-20.

Iriana Joko Widodo Kunjungi Akademi Kesenian Tiongkok

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain mendampingi Presiden Joko Widodo selama menghadiri rangkaian agenda kunjungan kerja Presiden ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga memiliki agenda acara tersendiri.

Iriana bersama dengan sejumlah istri dari pemimpin negara-negara G-20 mengunjungi China Academy of Art  pada Senin (5/9/2016).

Kunjungan tersebut didasari atas undangan Ibu Negara RRT Peng Liyuan.

Selama kunjungan tersebut, Iriana yang pada hari itu tampil anggun dengan mengenakan kebaya berwarna merah muda mendapat penjelasan dari Kepala China Academy of Art mengenai sejarah seni budaya Tiongkok dan sekolah seni yang terletak di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang tersebut.

Selain itu, Ibu Iriana dan lainnya juga mengunjungi galeri sekolah yang menyimpan karya-karya Dinasti Song Selatan (1127-1279) serta karya seni modern yang dibuat oleh fakultas dan mahasiswa dari sekolah yang berdiri sejak tahun 1928 tersebut.

Di sana, Ibu Iriana turut mengunjungi pameran seni lukisan Tiongkok klasik dan menyaksikan secara langsung empat orang pelukis yang sedang membuat lukisan bergaya Tiongkok.

Iriana secara khusus mengapresiasi seni lukis Tiongkok yang menurutnya memiliki keindahan dan ciri khas tersendiri.

Selain itu, Iriana berkesempatan untuk menulis kaligrafi karakter "He" dalam bahasa Tiongkok yang memiliki arti kedamaian dan harmoni. Momen yang penuh damai tersebut langsung diabadikan oleh para juru kamera yang meliput kegiatan tersebut.

Iriana dan lainnya pun menunjukkan hasil goresan kuas kaligrafi yang telah dikerjakan kepada para jurnalis.

Mengakhiri kunjungannya, Iriana mengunjungi pameran pakaian sutra Tiongkok koleksi Dinasti Song Selatan.

Termasuk yang dipamerkan dalam pameran tersebut ialah jubah Sha Gauze dengan motif bunga teratai di atas tanah.

Selain itu, tirai Dinasti Qing dengan desain bordir seratus anak juga dipamerkan dalam acara ini.

Yang tak kalah menarik, Iriana Joko Widodo juga berkesempatan menyaksikan secara langsung proses tradisional cara pembuatan tenun brokat pada zaman Dinasti Song.

Sebelumnya, Iriana menghadiri kampanye pencegahan penyakit HIV/AIDS di Universitas Zhejiang Hangzhou, China, Senin.

Acara kampanye pencegahan penyakit HIV/AIDS dan kunjungan ke China Academy of Art merupakan "ladies program" bagian dari rangkaian acara KTT G20 China 2016 yang berlangsung 4-5 September 2016.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini