News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ribuan Orang Disengat Ubur-ubur, Australia Tutup Pantai Queensland

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, BRISBANE - Penjaga pantai Queensland menggambarkan situasi yang terjadi saat ini sebagai 'epidemi' lantaran banyaknya ubur-ubur yang menyengat ribuan wisatawan saat berada di kawasan itu.

Mereka juga memperingatkan masyarakat maupun wisatawan untuk tidak berjalan di sepanjang garis pantai, apalagi berenang.

Dikutip dari laman Sputnik News, Senin (7/1/2019), pantai di Gold and Sunshine Coasts yang terletak di Brisbane, Australia, telah ditutup karena laporan ribuan perenang yang disengat makhluk yang menyerupai ubur-ubur dan dikenal oleh warga lokal sebagai bluebottle.

Dikenal secara ilmiah sebagai Physalia Physalis dan Physalia Utriculus, dua spesies primitif laut itu memiliki sengatan yang dapat secara mudah melumpuhkan ikan dan menimbulkan rasa sakit yang serius pada manusia.

Baca: Ahok Diimbau Gantikan Edy Rahmayadi, Ketua DPRD DKI Jakarta Justru Sebut Pantas Jadi Jaksa Agung

Kondisi samudera yang tidak biasa telah membuat puluhan ribu ubur-ubur berpindah menuju daratan yang akhirnya menyebabkan cedera pada ribuan orang selama satu pekan, menurut SBS News.

Dalam laporan tersebut, sekitar 2630 orang tersengat sepanjang akhir pekan, dengan hampir 1.000 diantaranya terluka dalam hitungan jam pada hari Minggu waktu setempat.

Sejumlah korban pun dirawat di rumah sakit karena menderita syok anafilaksis.

Meskipun para penjaga pantai telah menutup area pantai, namun ubur-ubur yang terdampar di darat tetap menjadi bahaya serius.

Sengatan bluebottle yang terlepas tetap mampu menyengat dan menimbulkan efek rasa sakit selama berjam-jam bahkan berhari-hari, meskipun ubur-ubur itu mati.

Selain itu, sengatan tersebut biasanya menyebabkan rasa sakit yang parah bagi manusia, meninggalkan tanda seperti bekas cambuk merah pada kulit.

Baca: Sang Sahabat Bongkar Potret Ustaz Abdul Somad 13 Tahun Silam, Penampilannya Jadi Sorotan

Biasanya, rasa sakit akan berkurang setelah beberapa jam dan hilang dalam beberapa hari.

Namun demikian, jika racun tersebut berpindah ke kelenjar getah bening, itu dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan reaksi alergi yang parah.

Termasuk pembengkakan laring, penyumbatan saluran napas, gangguan jantung, serta ketidakmampuan untuk bernapas.

Baca: Roger Danuarta dan Ifan Seventeen Ikut Ngaji Bareng Arie Untung, Senyum Keduanya Diperbincangkan

Kasus kematian terkait efek sengatan memang ada, namun para Ilmuwan mengatakan bahwa peristiwa itu sangat jarang.

Menurut rekomendasi Surf Life Saving Queensland, orang yang menderita sengatan bluebottle harus menghilangkan sengatan tersebut melalui cara mandi menggunakan air panas.

Kemudian meletakkan es batu pada bagian tubuh yang terkena sengatan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini