News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Malaysian Airlines MH370 yang Hilang 2014 Lalu Diduga Jatuh Karena Pilot Bunuh Diri

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesawat Malaysian Airlines (ilustrasi)

TRIBUNNEWS.COM, MALAYSIA - Mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak mengatakan, Rabu (19/2/2020), mengatakan Malaysia tidak pernah mengesampingkan kemungkinan bahwa pesawat Malaysian Airlines dengan nomor penerbangan MH370 sengaja telah dijatuhkan oleh pilotnya sendiri.

Pesawat MH370 rute Kuala Lumpur - Beijing, membawa 239 penumpang dan dinyatakan hilang pada 8 Maret 2014 hingga saat ini.

Najib, yang menjadi perdana menteri ketika pesawat itu hilang dengan 236 penumpang dan awaknya hampir enam tahun lalu, memberikan komentar atas pernyataan mantan perdana menteri Australia Tony Abbott.

Abbott mengatakan para pemimpin Malaysia sejak awal telah mempertimbangkan kemungkinan bahwa Kapten Zaharie Ahmad Shah mungkin telah melakukan pembunuhan massal.

“Pengertian yang saya peroleh dari para pemimpin tingkat tinggi Malaysia sejak awalnya adalah bahwa mereka berpendapat peristiwa itu kemungkinan aksi bunuh diri yang dilakukan oleh pilotnya,” kata Abbott dalam film dokumenter tentang tragedi itu yang dibuat oleh Sky News dan disiarkan pada Rabu.

Kata Najib kepada portal berita Free Malaysia Today, para pejabat Malaysia telah mempertimbangkan skenario itu ketika penyelidikan sedang berlangsung, tetapi memutuskan tidak mengumumkannya kepada publik.

“Akan sangat tidak adil dan tidak bertanggung jawab secara hukum, karena kedua kotak hitam pesawat itu belum ditemukan, dan karenanya tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa pilot lah yang sepenuhnya bertanggung jawab atas hilangnya pesawat itu,” kata Najib. 

Pengakuan nelayan Indonesia

Rusli Khusmin (42), seorang nelayan asal Indonesia mendadak menjadi muncul di sejumlah media luar negeri pada awal tahun 2019 lalu atau sekitar 5 tahun setelah pesawat itu jatuh.
Bagaimana tidak, Rusli mengklaim jika dirinya tahu lokasi pesawat MH370

Pesawat MH370 rute Kuala Lumpur - Beijing, membawa 239 penumpang dan dinyatakan hilang pada 8 Maret 2014 hingga saat ini.

Dilansir dari dailymail.co.uk, bahkan Rusli diterbangkan secara khusus oleh sebuah LSM Malaysia ke Kuala Lumbur, Malaysia untuk memberikan kesaksiannya.

Baca: Berani Sumpah di Bawah Alquran, Nelayan Indonesia Diterbangkan ke Malaysia Terkait Jatuhnya MH370

Berikut ini rangkuman fakta pengakuan Ruslin, nelayan tentang jatuhnya MH370 jatuh yang telah dirangkum Tribunnews.com dari berbagai sumber pada Kamis (17/1/2019) .

1. Rusli Merekam Titik Koordinat Jatuhnya Pesawat

Dalam jumpa pers di Subang Jaya, Kuala Lumpur, Rusli menceritakan, pesawat itu jatuh dalam kondisi mengeluarkan asap pekat hitam.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini