News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hubungan Taiwan dan China Memanas, Taiwan Pilih Produksi Sendiri Jet Tempurnya

Penulis: Febri Ady Prasetyo
Editor: haerahr
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (keenam dari kiri) berpose bersama para pilot dan insinyur di depan Brave Eagle Advanced Jet Trainer dalam sebuah upacara setelah penerbangan perdana pesawat tersebut di Pangkalan Udara Militer Chuan Kang pada 22 Juni 2020.

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Hubungan China dengan Taiwan yang semakin memanas membuat Taiwan memillih memproduksi sendiri pesawat tempurnya.

Taiwan melakukannya untuk meningkatkan pertahanan negeri guna menghadapi tantangan dan ancaman China yang semakin besar.

Dilansir dari Reuters, angkatan bersenjata Taiwan sebagian besar dilengkapi dengan peralatan tempur dari Amerika Serikat, tetapi Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah menjadikan pengembangan industri pertahanan yang dikembangkan di dalam negeri sebagai prioritas.

Tsai Ing-wen mengawasi penerbangan uji publik pertama dari jet baru yang dirancang secara lokal.

AT-5 Brave Eagle, yang dibuat oleh Aerospace Industrial Development Corp yang merupakan BUMN Taiwan, dibuat dengan anggaran sebesar T$68,6 miliar atau setara $2,32 miliar.

Ini adalah jet pertama yang dibuat di dalam negeri sejak pesawat tempur F-CK-1 Ching-kuo, diluncurkan lebih dari tiga dekade lalu.

Berbicara di sebuah pangkalan udara di pusat kota Taichung, Tsai mengatakan pesawat baru itu membantah para penentang yang berpikir Taiwan kekurangan teknologi dan harus fokus pada pemenuhan kebutuhan pertahanannya dari luar negeri.

Baca: Hubungan China dengan Taiwan Memanas, Berikut Perbandingan Kekuatan Militer Keduanya

Baca: Pesawat Militer AS Terbang di Langit Taiwan, Jubir Kementan China: Ini Sangat Salah dan Berbahaya

Jet tempur AT Brave Eagle yang diproduksi Taiwan.

"Pesawat baru tidak hanya telah menciptakan lebih dari 2.000 peluang kerja, tetapi juga akan meneruskan pengalaman dan menumbuhkan generasi baru bakat teknis industri kedirgantaraan," katanya.

BACA SELENGKAPNYA --->

 
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini