News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

3.500 Pemain Sepakbola Jepang Negatif Covid-19, Pertandingan J-League Dimulai Lagi Besok

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Komisaris NPB (Nippon Professional Baseball) Atsushi Saito (kiri) dan Ketua J-League Mitsuru Murai (kanan), Kamis (2/7/2020) jam 15.30 waktu Jepang di Minatoku Tokyo Jepang saat jumpa pers.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Persatuan sepakbola Jepang telah melakukan tes PCR (polymerase chain reaction) kepada 3.500 orang yang ada di 56 klub sepakbola di Jepang.

"Setelah tes PCR besok Sabtu (4/7/2020) J-1 league akan melakukan pertandingan kembali setelah libur 4 bulan," kat Ketua J-League, Mitsuru Murai, Jumat (3/7/2020).

Besok J1 akhirnya akan melanjutkan pertandingan sepakbola. Sedangkan J2 dan J3 sudah bermain sejak 27 dan 28 Juni lalu.

Setelah tes PCR lanjutan untuk semua pemain dan staf yang mendukung keputusan untuk bertahan, Ketua Murai Mitsuru juga mengungkapkan, "Saya mengalami malam tanpa tidur pertama dalam hidup saya."

Sebelum 3.500 orang mengikuti tes dan mendapatkan hasil, ada banyak yang tegang namun kini dipenuhi kegembiraan dan kebahagiaan di antara orang-orang yang terlibat di dunia persepakbolaan Jepang.

Baca: Yorunomachi, Warning Bagi Kenaikan 107 Terinfeksi Corona di Tokyo Jepang Hari Ini

Baca: Lebih dari 70 Persen Siswa Doktoral Jepang Prihatin Keterlambatan Studinya Gara-gara Covid-19

Pengujian PCR merupakan masalah bagi J-League, meskipun ada panggilan untuk pra-pemeriksaan, ada kekhawatiran bahwa beban pada institusi medis dapat meningkat, mengingat bahwa sistem pemeriksaan dalam negeri tidak mencukupi.

"Pada 22 Mei, kami menerima rekomendasi dari tim spesialis penyakit menular dari "Pertemuan Penanggulangan Corona Virus Baru" yang dibentuk bersama dengan Organisasi Baseball Jepang (NPB) untuk mempertimbangkan memperkenalkan pengujian PCR. Komite eksekutif J-League mendesak pada tanggal 29 Mei, seminggu kemudian, tanpa menemukan subkontraktor yang mampu menerima lebih dari 3.000 orang di 56 klub nasional."

Situasi tiba-tiba berubah pada pagi hari tanggal 27 Mei, dua hari sebelum komite eksekutif. Informasi berasal dari mantan bawahan di era perekrutan, mereka berganti pekerjaan menjadi pekerjaan medis.

"Saya mengadakan pertemuan pertama dengannya di pagi hari. Sebuah tim spesialis penyakit menular juga mengadakan diskusi dan melaporkan pada rapat dewan pada pagi hari tanggal 29 Mei bahwa tes PCR untuk semua atlet akan dilakukan. Itu adalah perkembangan pesat yang mengejutkan," tambah Murai.

Tes PCR pertama dilakukan di semua klub dari 18-21 Juni. Namun, yang menunggu adalah jumlah pemeriksaan ulang yang melebihi harapan.

Ketua Murai mengatakan bahwa ia mengalami malam-malam tanpa tidur pada tanggal 22 Juni menunggu hasil pemeriksaan ulang.

Sebanyak 90 persen dari wasit yang memiliki pekerjaan lain tidak dapat melakukan inspeksi sampai restart, tetapi pada akhirnya, 3.500 orang termasuk pemeriksaan ulang hasilnya negatif.

Pada tanggal 26 Juni, sehari sebelum restart, siaran pers yang berjudul "Hasil Inspeksi Resmi Pertama (Laporan Akhir)" dikirim melalui email ke berbagai media di Jepang.

Baca: 6 Barang Aneh yang Dijual Mesin Otomatis di Jepang, Ada Nomor Telepon hingga Lobster

Baca: Rabu Ini Jepang Terapkan Harus Bayar Plastik Belanja di Mana Pun

"Total jumlah tes 3.070 orang adalah negatif yang berarti semua bersih dari corona," tulis siaran pers tersebut.

Dan hingga hari ini, Jumat (3/7/2020) sudah mencapai 3.500 orang di tes PCR juga hasilnya negatif, bebas dari corona.

Ini merupakan kabar baik di kalangan persepakbolaan Jepang saat ini karena tidak ada yang terinfeksi corona.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini