News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

China Tuduh Tentara India Lewati Perbatasan, Lepaskan Tembakan Peringatan hingga Ancam Tentara China

Editor: Melia Istighfaroh
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang tentara China dan tentara India di perbatasan Nathu La, pegunungan Himalaya di antara kedua negara tersebut. Foto ini yang diambil sebelum konfrontasi terakhir.

TRIBUNNEWS.COM - China pada Selasa dini hari, (8/9/2020), menuduh pasukan India melewati garis perbatasan (LAC), menurut media India Zee News.

Zee News juga menyebut China mengklaim pasukan India melepaskan "tembakan peringatan" di dekat Danau Pangong Tso di Ladakh Timur, tempat tentara mereka melakukan "tindakan pembalasan".

Juru bicara Komando Medan Perang Barat China, Kolonel Zhang Shiuli, mengatakan India melakukan tindakan provokatif dan secara ilegal memasuki garis perbatasan di Pegunungan Shenpao dekat tepi selatan Danau Pangong Tso.

Dia juga mengatakan tentara India melepaskan tembakan dan mengancam tentara China selama operasi tersebut.

China lebih lanjut menuduh India melanggar kesepakatan kedua belah pihak dan membuat keadaan di wilayah perbatasan semakin memanas.

Tentara India memberikan penghormatan selama pemakaman rekan mereka, Nyima Tenzin yang berasal dari Tibet, pada 7 September 2020. Tenzin tewas dalam bentrokan terbaru dengan tentara China di perbatasan Himalaya yang disengketakan. (MOHD ARHAAN ARCHER / AFP)

Selain itu, China menyebutnya sebagai tindakan provokasi yang menyebabkan kesalahpahaman.

Shuili mendesak pihak India segera menghentikan "permainan berbahaya" ini dan meminta pasukan India kembali ke perbatasan mereka.

Halaman selengkapnya >>>

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini