News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penanganan Covid

Malaysia akan Lockdown Total Mulai 1-14 Juni 2021

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang pekerja medis yang mengenakan APD melakukan tes di lokasi pengujian Covid-19 di Shah Alam, di Kuala Lumpur, Malaysia pada 17 Februari 2021. Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin telah mengumumkan penguncian total secara nasional mulai Juni 2021.

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin telah mengumumkan "penguncian total" secara nasional mulai Juni 2021.

Kebijakan terbaru pemerintah Malaysia ini diambil mengingat negara itu dilanda infeksi virus corona yang terus melonjak dan mencapai rekor.

Melansir Al Jazeera, Muhyiddin mengatakan, penguncian yang lebih ketat dari dimulai 1-14 Juni 2021 di semua bidang sosial ekonomi.

Hanya sektor layanan dan ekonomi penting yang akan tetap beroperasi, yang akan didaftarkan oleh dewan keamanan nasional.

Baca juga: Malaysia Catat Rekor Tertinggi Harus Covid-19 Hari Ini, 9.020 Kasus Baru

Baca juga: POPULER INTERNASIONAL: Malaysia Lockdown Nasional 1 Juni | Bashar al-Assad Menang Pemilu Suriah

Selebaran dari Departemen Informasi Malaysia yang diambil dan dirilis pada 24 Februari 2021 ini menunjukkan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin menerima dosis pertama vaksin virus corona Pfizer / BioNTech Covid-19 di sebuah klinik pemerintah di Putrajaya.

Para pejabat yakin varian yang lebih menular telah berkontribusi pada lonjakan tersebut.

Apalagi mengingat belum lama ini ada pertemuan untuk merayakan Idul Fitri di negara mayoritas Muslim tersebut.

"Dengan kenaikan (kasus infeksi) terbaru dalam kasus harian yang menunjukkan tren meningkat drastis, kapasitas rumah sakit di seluruh negeri untuk merawat pasien COVID-19 menjadi terbatas," kata Muhyiddin dalam sebuah pernyataan, Jumat.

Malaysia melaporkan lebih dari 9.000 kasus virus corona baru pada Minggu (30/5/2021), sehingga totalnya menjadi 558.534.

Meskipun angka tersebut masih dalam kategori 'sedang' menurut standar global, wabah virus corona di Malaysia telah meningkat pesat dalam beberapa minggu terakhir.

Jumlah pasien dalam perawatan intensif dan menggunakan ventilator telah mencapai rekor tertinggi.

Baca juga: Kelas Online Buddha Dharma oleh Institut Fo Guang Shan Dong Zen Malaysia, Berikut Persyaratannya

Petugas medis yang mengenakan pakaian pelindung menyiapkan alat tes di lokasi pengujian virus Corona Covid-19 gratis di Shah Alam, di pinggiran Kuala Lumpur, pada 27 Mei 2021.

Program Vaksinasi

Malaysia telah memulai upaya vaksinasi COVID-19, meskipun para kritikus mengatakan peluncurannya lambat.

Sekira 1,7 juta orang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin hingga Kamis (13/5/2021).

"Mengingat penutupan penuh ekonomi selama lockdown nasional, Kementerian Keuangan akan segera mengumumkan paket bantuan untuk individu dan sektor ekonomi," kata Muhyiddin.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini