News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Indonesia – Norwegia Helat Dialog Bilateral Hak Asasi Manusia

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Indonesia dan Norwegia menghelat dialog bilateral hak asasi manusia (HAM) yang ke-15 secara hybrid di Bandung, Jawa Barat, pada 2 November 2021.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia dan Norwegia menghelat dialog bilateral hak asasi manusia (HAM) yang ke-15 secara hybrid di Bandung, Jawa Barat, pada 2 November 2021 lalu.

Direktur HAM dan Kemanusiaan, Achsanul Habib mengatakan keamanan warga negara menjadi aspek paling kritikal dalam setiap proses pembuatan kebijakan.

“Selama beberapa tahun terakhir, telah banyak perkembangan yang terjadi di kedua negara, terutama di masa yang sangat berat ini di mana keamanan warga negara menjadi aspek paling kritikal dalam setiap proses pembuatan kebijakan,"kata Achsanul dalam keterangannya, Jumat (5/11/2021).

Baca juga: Terapkan Prokes, Kepulangan Jokowi ke Tanah Air Tanpa Penyambutan

Baca juga: Tiba di Tanah Air, Presiden Jokowi Langsung Jalani Karantina Mandiri di Istana Bogor

Kedua negara membahas berbagai isu yang menjadi perhatian dan tantangan bersama.

Di antaranya tantangan dalam melakukan pemenuhan dan pelindungan HAM di masa pandemi COVID-19, pemenuhan hak-hak anak di masa pandemi, bisnis dan HAM, kebebasan beragama dan kebebasan berekspresi.

Serta peningkatan kerjasama di tingkat multilateral menjadi isu-isu yang dibahas secara konstruktif oleh kedua negara.

“Kedua negara menyepakati bahwa dialog tulus dan kerja sama konstruktif merupakan kunci yang dapat menjembatani berbagai perbedaan pandangan terkait pemenuhan dan pelindungan HAM,” ujarnya.

Baca juga: 680.100 Vaksin Covid-19 AstraZeneca Tiba di Indonesia

Achsanul mengatakan berbagai good practices dan lesson learned yang didapatkan melalui dialog dapat menunjang pemajuan HAM di dalam negeri masing-masing.

Hal ini berkesesuaian dengan komitmen Pemerintah Indonesia, serta juga sebagai anggota Dewan HAM PBB, dalam menggalang diplomasi HAM yang bermanfaat bagi pemajuan HAM di dalam negeri.

“Dalam konteks kebijakan luar negeri, Dialog Bilateral HAM merupakan salah satu bentuk aksi konkret Pemerintah Indonesia dalam menghadirkan pemajuan, pemenuhan, dan pelindungan HAM,” lanjutnya.

Baca juga: RI Terima Keketuaan G20 Bidang Ketenagakerjaan dari Presidensi Italia 

Selama hampir 2 dekade terakhir, Indonesia menyelenggarakan Dialog Bilateral HAM secara rutin dengan sejumlah negara sahabat, seperti Norwegia, Iran, Uni Eropa, Kanada, Swedia dan Rusia.

Sebagian dari Dialog HAM dengan negara mitra tersebut bahkan telah dilakukan belasan kali.

Norwegia akan menjadi tuan rumah dari Dialog ke-16 yang akan diadakan di Oslo pada tahun 2022, sekiranya keadaan pandemi sudah memungkinkan untuk dilakukannya pertemuan secara on site.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini