News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pajak Hibah Khusus Rekonstruksi Lokasi Bencana di Jepang Timur 36,4 Miliar Yen

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sakura dori atau Jalanan Sakura di dalam kompleks Pembangkit Nuklir Tenaga Nuklir Fukushima, Senin (15/11/2021).

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pajak Hibah Khusus untuk Rekonstruksi Gempa Jepang Timur yang terjadi 11 Maret 2011 lalu untuk tahun 2022 ini adalah 36,4 miliar yen.

Diketahui Pajak Hibah Khusus dikeluarkan setiap setengah tahun untuk mendukung keuangan pemerintah daerah yang terkena dampak Gempa Besar Jepang Timur, 11 tahun lalu.

Dana untuk penyelesaian banyak restorasi dan proyek-proyek rekonstruksi, yang jumlahnya telah menurun menjadi sepertiga tahun ini dan merupakan yang terendah yang pernah ada.

"Pajak Alokasi Khusus Rekonstruksi Gempa" dikeluarkan oleh pemerintah nasional pada bulan Maret dan September setiap tahun untuk mendukung keuangan pemerintah daerah yang terkena dampak Gempa Besar Jepang Timur.

Pada rapat kabinet, Jumat (18/3/2022), Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang Kaneko melaporkan bahwa 36,4 miliar yen akan dikirimkan ke pemerintah daerah terkait untuk bulan Maret.

Jumlah hibah untuk Maret tahun lalu melebihi 100 miliar yen, tetapi karena penyelesaian banyak proyek restorasi dan rekonstruksi, kini telah dikurangi menjadi sepertiga.

Baca juga: Anggaran Rekonstruksi akibat Gempa Besar dan Tsunami di Jepang Timur Capai 31,1 Triliun Yen

Dalam rinciannya sebagai berikut:

Prefektur Fukushima memiliki jumlah terbesar yaitu 6,7 miliar yen,
Prefektur Iwate adalah 2,6 miliar yen,
Prefektur Ibaraki adalah 1,5 miliar yen.

Di tingkat kotamadya:

Kota Okuma, Prefektur Fukushima adalah 2,8 miliar yen,
Kota Rikuzentakata, Prefektur Iwate dan Kota Minamisoma, Prefektur Fukushima adalah 1,5 miliar yen,
Kota Sendai adalah 1,3 miliar yen.

Orang-orang berdoa dalam hati pada saat gempa bumi Besar Jepang Timur 2011 di Miyako, prefektur Iwate pada 11 Maret 2022, peringatan 11 tahun bencana yang memicu tsunami dan menewaskan lebih dari 18.000 orang atau hilang. (Photo by JIJI PRESS / AFP) / Japan OUT (AFP/STR)

Jumlah total hibah untuk tahun ini, termasuk September 2022 adalah 96,4 miliar yen, atau sekitar seperempat dari tahun sebelumnya (terendah yang pernah ada).

"Sementara proyek skala besar seperti tanggul dan jalan telah mencapai tingkat tertentu, perlu beberapa waktu agar kecelakaan nuklir dapat segera dibenahi, dan kami ingin terus mendukung keuangan daerah yang terkena dampak bencana alam tersebut," demikian menurut Kementerian Dalam Negeri dan Komunikas Jepang.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang.

Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini