News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Nancy Pelosi Kunjungan ke Asia

Keliling Asia, Benarkah Nancy Pelosi Akan Sambangi Indonesia?

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Nancy Pelosi

TRIBUNNEWS.COM – Perjalanan kontroversial Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke beberapa negara di Asia membuat China kebakaran jenggot.

Benarkah Nancy bersama rombongan juga akan singgak di Indonesia?

Kantor berita Bloomberg melaporkan, perjalanan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Asia pada awal Agustus akan mencakup pemberhentian di Jepang, Indonesia, dan Singapura.

Namun dalam keterangan yang dikutip dari The Independent disebutkan Rombongan Nancy tidak akan berkunjung ke Indonesia.

Baca juga: Ketua DPR AS Nancy Pelosi akan Kunjungi Singapura Selama Dua Hari

Pentolan Partai Demokrat ini menyatakan, dia akan memimpin delegasi kongres ke Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang minggu ini untuk membahas perdagangan, pandemi Covid-19, perubahan iklim, keamanan dan pemerintahan yang demokratis.

Taiwan

Sedangkan rencana kunjungan potensial ke Taiwan telah memperburuk ketegangan AS-China tetap berada di luar rencana perjalanan resmi, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut.

Malaysia adalah perhentian potensial lainnya, menurut orang itu, yang meminta anonimitas untuk membahas rencana yang dipegang erat.

Pelosi telah menolak untuk membahas jadwal perjalanannya, dengan alasan masalah keamanan, dan tidak ada pengumuman resmi bahwa dia merencanakan perjalanan ke luar negeri.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan pada hari Senin bahwa Beijing "sangat siap" untuk kemungkinan Pelosi dapat mengunjungi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, yang dianggap China sebagai bagian dari wilayahnya.

Pelosi berada di urutan kedua dalam kursi kepresidenan dan akan menjadi ketua DPR pertama yang mengunjungi Taiwan sejak Partai Republik Newt Gingrich melakukannya pada tahun 1997.

Presiden Joe Biden akan berbicara dengan pemimpin China Xi Jinping pada hari Kamis di tengah ketegangan baru atas Taiwan, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Biden mengatakan kepada wartawan pekan lalu bahwa militer AS tidak menganggap perjalanan Pelosi adalah ide yang bagus, yang memicu kekhawatiran di Taiwan.

Baca juga: Ketua DPR AS Nancy Pelosi Dijadwalkan Kunjungi Taiwan Bulan Depan

Tetapi anggota parlemen di kedua belah pihak mendorong Pelosi untuk berhenti di Taiwan, dengan mengatakan tidak melakukannya setelah protes China akan sama dengan menyetujui Beijing. Ketua DPR DPR Kevin McCarthy mengatakan Selasa malam bahwa dia yakin Pelosi “tidak boleh mundur sekarang” dari rencana apa pun untuk mengunjungi Taiwan.

McCarthy menawarkan bahwa dia "suka" untuk memimpin delegasi bipartisan ke Taiwan, seandainya Partai Republik mengambil alih kendali DPR dan dia menjadi pembicara tahun depan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini