News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Nancy Pelosi Kunjungan ke Asia

Rusia Sebut Kunjungan Pelosi Adalah Provokasi yang Nyata, ‘Tapi Jangan Katakan Perang Global’

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua DPR AS Nancy Pelosi (tengah) melambai kepada wartawan saat kedatangannya di Parlemen di Taipei, Taiwan pada 3 Agustus 2022.

TRIBUNNEWS.COM – Rusia menegaskan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan minggu ini adalah provokasi yang nyata yang tidak ada hubungannya dengan mendukung demokrasi.

Namun terlepas dari lonjakan ketegangan AS-China yang dipicunya, aksi itu tidak mungkin mengarah pada permusuhan besar, kata juru bicara kantor kepresidenan Rusia Dmitry Peskov.

“Saya menyarankan untuk tidak melontarkan kata-kata seserius mengatakan perang global,” Peskov kepada media ketika ditanya situasinya.

Nancy Pelosi tiba di Taiwan dalam apa yang dia gambarkan sebagai isyarat dukungan dari pemerintahannya yang “demokratis” melawan negara-negara “otoriter”.

Baca juga: Nancy Pelosi tiba di Taipei, konflik China dan Taiwan kembali panas, seimbangkah kekuatan militer keduanya?

Dia melanjutkan kunjungan itu meskipun ada keberatan dari Beijing. China menganggap pulau yang diperintah sendiri itu bagian dari wilayahnya, posisi yang diakui AS secara resmi pada 1970-an.

Taiwan adalah benteng terakhir pasukan nasionalis Tiongkok yang dikalahkan oleh komunis selama perang saudara 1940-an.

Meskipun mengakui pemerintah di Beijing sebagai satu-satunya perwakilan rakyat China, Washington telah mempertahankan hubungan informal dengan Taipei selama beberapa dekade.

Beijing menganggap kunjungan Pelosi - yang pertama bagi juru bicara DPR AS dalam 25 tahun - sebagai serangan terhadap kebijakan 'Satu China'. Ini memperingatkan bahwa akan ada konsekuensi untuk itu.

Angkatan bersenjata China mengumumkan latihan militer di sekitar pulau itu setelah kedatangan Pelosi. Beijing juga telah memberlakukan pembatasan perdagangan di Taiwan.

Pemimpin Taiwan dan AS Harus Tanggung Jawab

Ma Xiaoguang, juru bicara kantor urusan Taiwan Dewan Negara China pemimpin di Taipei dan AS bertanggung jawab untuk menciptakan .

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Partai Progresif Demokratik (DPP), “mengandalkan dukungan eksternal, dengan rela mengambil peran sebagai pion dan meningkatkan provokasi dalam upaya kemerdekaan,” kata Ma pada hari Selasa, merujuk pada kunjungan oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau yang diperintah sendiri.

"AS mengintensifkan upaya mereka untuk mencoba memainkan kartu Taiwan, terus menambahkan bahan bakar ke api, membuat rencana untuk menahan China melalui Taiwan," juru bicara itu menunjukkan.

Baca juga: Menlu China Sebut Kunjungan Pelosi ke Taiwan Benar-benar Lelucon: Mereka akan Binasa

Taipei dan Washington tidak akan dapat menutupi diri mereka sendiri, terlepas dari "trik" yang dapat mereka gunakan untuk melakukannya, karena "mereka adalah pencipta konflik antara kedua sisi Selat Taiwan [yang memisahkan pulau dan daratan Cina] , perusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” katanya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini