News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rusia Tuding Ukraina Ingin Ciptakan Bencana Nuklir Dengan Menyerang Reaktor PLTN

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM -- Serangan berulang Ukraina terhadap pembangkit nuklir Zaporozhye membuktikan bahwa Kiev berusaha menciptakan kondisi untuk bencana nuklir, kata seorang pejabat tinggi kementerian luar negeri Rusia, Rabu.

“Belum lama ini, pada 18 Juli, tentara Ukraina sekali lagi menyerang pembangkit nuklir Zaporozhye dengan menggunakan pesawat tak berawak.

Serangan itu dilakukan dalam jarak yang sangat dekat, di beberapa fasilitas yang sangat penting bagi keamanan stasiun. Hanya oleh orang yang beruntung.

Baca juga: Di PBB, Indonesia Desak Senjata Nuklir Dimusnahkan Secepatnya

kebetulan, itu tidak menyebabkan kerusakan pada peralatan penting stasiun yang penuh dengan bencana yang disebabkan oleh manusia," Igor Vishnevetsky, wakil direktur departemen non-proliferasi dan pengendalian senjata kementerian Rusia, mengatakan pada Konferensi Peninjauan Perjanjian tentang Non -Proliferasi Senjata Nuklir di New York.

"Tak lama setelah itu, pada 20 Juli, Ukraina mengulangi serangan pesawat tak berawak di wilayah PLTN Zaporozhye, yang hanya sekali lagi membuktikan bahwa Ukraina berusaha menciptakan kondisi untuk bencana nuklir," katanya dikutip dari TASS.

"Ini hanya beberapa contoh yang menunjukkan bahwa rezim Kiev mengancam keamanan nuklir di wilayahnya."

"Kami memiliki bukti, termasuk foto dan video, yang membuktikan bahwa apa yang kami bicarakan adalah kebenaran," tambahnya.

Militer Rusia telah menjaga dan mengendalikan wilayah pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhskaya, kata perwakilan resmi Kementerian Pertahanan, Mayor Jenderal Igor Konashenkov.

"Tentara Rusia menjaga dan mengendalikan daerah di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhskaya," kata Konashenkov.

Menurut perwakilan Kementerian Pertahanan Rusia, para pekerja pembangkit listrik terus melayani fasilitas, mereka juga mengontrol tingkat radiasi. "Tingkat radiasinya normal," katanya.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi pada 24 Februari bahwa sebagai tanggapan atas permintaan para kepala republik Donbass, dia telah membuat keputusan untuk melakukan operasi militer khusus untuk melindungi orang-orang "yang telah menderita pelecehan dan genosida oleh rezim Kiev selama delapan tahun." Pemimpin Rusia menekankan bahwa Moskow tidak memiliki rencana untuk menduduki wilayah Ukraina.

Ketika mengklarifikasi perkembangan yang sedang berlangsung, Kementerian Pertahanan Rusia meyakinkan bahwa pasukan Rusia tidak menargetkan kota-kota Ukraina, tetapi terbatas pada pembedahan yang menyerang dan melumpuhkan infrastruktur militer Ukraina. Tidak ada ancaman apapun terhadap penduduk sipil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini