News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT Kemerdekaan RI

Peringatan HUT RI di Cairo: Presiden Mesir Ucapkan Selamat Kepada Presiden Jokowi

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Secara khusus, Presiden Mesir, Abdel Fattah El Sisi, mengirimkan utusan dari Kantor Kepresiden Mesir (chamberlain) Mr. Abdel Aziz El Sharif untuk memberikan ucapan selamat HUT RI kepada Presiden RI dan segenap bangsa Indonesia melalui Duta Besar RI, Bapak Lutfi Rauf di wisma duta, Garden City, Cairo, Rabu (17/8/2022).

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, CAIRO - Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi memberikan ucapan selamat HUT RI kepada Presiden Indonesia (RI), Joko Widodo dan segenap bangsa Indonesia.

Ucapkan selamat disampaikan bertepatan dengan Peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022 pada Rabu (17/8/2022).

Secara khusus, Presiden Abdel Fattah El Sisi mengirimkan utusan dari Kantor Kepresiden Mesir (chamberlain) Mr Abdel Aziz El Sharif untuk memberikan ucapan selamat HUT RI kepada Presiden RI dan segenap bangsa Indonesia melalui Duta Besar RI, Bapak Lutfi Rauf di wisma duta, Garden City, Cairo.

Pelenggarakan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022 juga dilakukan di Cairo secara hibrida pada Rabu (17/8/2022) di lapangan hijau Wisma Duta, Garden City, Mesir yang diikuti seluruh WNI di Mesir. 

Baca juga: Mohamed Salah Sumbang Donasi Rp 2 Miliar untuk Musibah Kebakaran Gereja Mesir yang Tewaskan 41 Orang

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf dan Pasukan Pengibar Bendera adalah siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC) yang berjumlah 10 orang. 

Lutfi Rauf mengajak para WNI untuk senantiasa semangat juang para pahlawan atas kemedekaan Indonesia.

“Hari ini adalah momentum untuk terus melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa serta melanjutkan kerja sama yang erat antara Indonesia dan Mesir yang secara historis mendukung kemerdekaan Indonesia,” kata Dubes Rauf dalam keterangannya.

Rauf melanjutkan, apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi WNI untuk meneruskan perjuangan mereka dalam berbagai bidang kehidupan.

Peringatan HUT RI kali ini juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan.

Di antaranya adalah lomba makan kerupuk, balap bakiak, balap kelereng, dan memasukkan pensil ke dalam botol.  

Selain itu, dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, KBRI juga memperingati 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Mesir.

Bekerja sama dengan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa (PPMI) Mesir serta Egypt Youth Council (EYC), KBRI Kairo menyelenggarakan gotong royong untuk membersihkan sampah di daerah al-Darbu al-Ahmar Darrasah Mesir.

Sekitar 200 orang dari mahasiswa, siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC) dan staf KBRI turut serta dalam acara ini. 

Mesir merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia, yakni pada 22 Maret 1946.

Dan pengakuan tersebut dikuatkan secara resmi melalui penandatanganan perjanjian persahabatan (treaty of friendship) antara Mesir dan Indonesia pada 10 Juni 1947.

Hubungan diplomatik antara kedua negara semakin meningkat dan menguat sampai sekarang, khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini