News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ratu Elizabeth II Meninggal

Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Tembus Rp 136,4 Miliar: Termahal yang Pernah Ada di Inggris

Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Prosesi Upacara peti mati Ratu Elizabeth II melakukan perjalanan menyusuri Long Walk saat tiba di Kastil Windsor untuk Layanan Komitmen di Kapel St George, pada 19 September 2022. (Photo by Aaron Chown / POOL / AFP)

TRIBUNNEWS.COM, LONDON – Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II memecahkan rekor baru sebagai pemakaman termahal yang pernah ada di Inggris, dengan biaya yang tembus mencapai 8 juta poundsterling atau sekitar Rp 136,4 miliar (asumsi kurs Rp 17. 119, per pound).

Dilangsungkan di Kastil Windsor pada Senin (19/9) waktu Inggris, setelah melewati rangkaian upacara selama 10 hari pemakaman mantan penguasa kerajaan monarki Inggris ini dilaporkan menggunakan peti dari kayu oak yang berlapis timah.

Baca juga: Mengapa Ratu Elizabeth II Selalu Membawa Tas Launer? Pemilik Brand Membeberkan Alasannya

Kayu tersebut diyakini berasal dari perkebunan Sandringham di Norfolk, Inggris.

Pemilik perusahaan pembuat peti mati Leverton & Sons Andrew Leverton melaporkan bahwa kayu di peti mati Ratu Elizabeth II termasuk barang langka, karena bibit kayu tersebut hanya bisa didapatkan langsung dari Amerika.

Tidak disebutkan secara pasti berapa harga dari peti mati tersebut, namun karena bahannya yang tak biasa tentu saja membuat harga peti mati ini berada di luar kisaran harga peti mati pada umumnya.

Hadirnya tamu – tamu istimewa dari berbagai negara di dunia juga membuat kerajaan Inggris harus menggelontorkan jutaan pound, hanya untuk menyewa petugas keamanan selama proses pemakaman berlangsung.

Dengan menerjunkan ribuan polisi keamanan yang terdiri dari badan intelijen Mi5 dan Mi6 Inggris, polisi metropolitan London serta dinas rahasia dan biro intelijen dari seluruh dunia, istana kerajaan Buckingham Inggris dikabarkan telah menggelontorkan biaya lebih dari 7,5 juta dolar AS atau 6,5 juta Pound.

"Ini adalah operasi kepolisian terbesar yang pernah dilakukan kepolisian Inggris, kemungkinan lebih besar dari harga keamanan untuk Olimpiade 2012 yang diadakan di London," kata Simon Morgan, mantan petugas keamanan kerajaan.

Baca juga: Meghan Markle Menangis di Pemakaman Ratu Elizabeth II, Terlihat Usap Air Mata dan Bibir Bergetar

Dengan semua kemegahan yang ada pada peti mati dan serangkaian keamanan pada arak –arakan yang dilakukan selama prosesi pemakaman, situs media asal London Full Fact memperkirakan pemakaman Ratu Elizabeth telah menghabiskan dana berkisar 8 juta pound sterling hingga 6 miliar pound sterling.

Sementara menurut laman US Magazine, biaya pemakaman Ratu Elizabeth II diperkirakan mencapai lebih dari 7,5 juta dolar AS.

Jumlah tersebut bahkan di gadang – gadang mengalahkan biaya pemakaman sang mendiang suaminya yakni Pangeran Philips atau Duke of Edinburgh yang digelar pada 2021 dengan dihadiri oleh 30 pelayat.

Tak hanya itu pemakaman Ratu Elizabeth II juga mengalahkan biaya pengebumian Putri Diana pada 1997 yang diperkirakan hanya menelan biaya 9,6 juta juta dolar AS atau 8,4 juta pound serta pemakaman Ibu Suri yang menelan biaya 954.000 dolar AS.

Baca juga: Ratu Elizabeth II wafat: Peti jenazah disemayamkan di Westminster Hall, khalayak beri penghormatan terakhir

Para loyalis mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II layak mendapatkan pemakaman mewah setelah melayani Inggris selama 70 tahun.

Namun sayangnya banyak dari masyarakat Inggris menilai bahwa pemakaman Ratu terlalu mahal.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini