News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Xi Jinping Pilih 6 Loyalisnya Jadi Anggota Komite Tetap Politbiro, Ini Sosok Mereka

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Orang-orang menonton siaran langsung Presiden China Xi Jinping berbicara selama pengenalan Komite Tetap Politbiro Partai Komunis China, di Huaibei di provinsi Anhui timur China pada 23 Oktober 2022. - Xi Jinping memilih enam politisi loyalisnya untuk menjadi anggota Komite Tetap Politbiro termasuk dirinya dalam Kongres Partai Komunis China.

TRIBUNNEWS.COM - Presiden China, Xi Jinping telah mengamankan masa jabatannya untuk periode ketiga setelah kembali terpilih menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (PKC) dalam Kongres ke-20 PKC yang berakhir pada Minggu (23/10/2022).

Selama jalannya kongres, Xi Jinping telah menyingkirkan saingannya dari tim Komite Tetap Politbiro (PSC).

Komite Tetap Politbiro yang beranggotakan tujuh orang, merupakan badan pemerintahan tertinggi China, yang kini berisi para loyalis Xi Jinping.

Anggota terbaru Komite berkisar dari teman yang memiliki ikatan dengan keluarga Xi hingga para pejabat baru yang telah membuktikan komitmen mereka selama pemerintahan Xi.

Setelah kematian Mao Zedong, Partai Komunis China (PKC) mencoba menormalkan kepemimpinan kolektif, yang membuat sekretaris jenderal partai semacam "pertama di antara yang sederajat" di PSC.

Kini, anggota PSC memiliki kekuatan besar dan akan menjadi kunci dalam membentuk dan menerapkan visi Xi untuk Tiongkok dan PKC.

Baca juga: Xi Jinping akan Memimpin China untuk Periode Ketiga

Berikut nama-nama tujuh orang anggota Komite Tetap Politbiro, dilansir The Guardian:

1. Xi Jinping

Pengambilan video ini diambil pada 25 Januari 2021, dari situs web Forum Ekonomi Dunia menunjukkan Presiden China Xi Jinping berbicara dari Beijing saat ia membuka Forum Ekonomi Dunia yang serba virtual, yang biasanya berlangsung di Davos, Swiss. - Xi Jinping memilih enam politisi loyalisnya untuk menjadi anggota Komite Tetap Politbiro termasuk dirinya dalam Kongres Partai Komunis China. (WORLD ECONOMIC FORUM (WEF) / AFP)

Xi mengambil alih Partai Komunis dan kepemimpinan di China sejak akhir 2012.

Sepekan ini, ia memperkuat kekuasaannya dan menyingkirkan semua saingan politik dari anggota Komite Tetap Politbiro.

Pemimpin berusia 69 tahun ini sekarang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China dan Ketua Komisi Militer Pusat.

Posisinya sebagai presiden Republik Rakyat China hampir pasti akan diperpanjang untuk masa jabatan ketiga dalam pertemuan parlemen pada Maret mendatang.

2. Li Qiang

Li Qiang, sekutu dekat Xi, adalah Sekretaris Partai Shanghai yang secara historis menjadi tempat pelatihan bagi para pemimpin tinggi nasional.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini