News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Krisis Biaya Hidup, Mayoritas Penduduk Uni Eropa Kurangi Pengeluaran Kebutuhan Pokok

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jutaan warga Inggris kini menghadapi krisis biaya hidup yang mencekik, mengikuti kenaikan harga dan tagihan energi hingga inflasi yang tinggi. Hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan riset pasar yang berbasis di Amerika Serikat (AS) IRI menunjukkan bahwa sekitar 71 persen konsumen Uni Eropa (UE) telah mengubah kebiasaan belanja mereka.

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, BRUSSELS - Hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan riset pasar yang berbasis di Amerika Serikat (AS) IRI menunjukkan bahwa sekitar 71 persen konsumen Uni Eropa (UE) telah mengubah kebiasaan belanja mereka.

Hal ini dilakukan untuk menjaga agar 'makanan tetap di atas meja' di tengah meningkatnya krisis biaya hidup di sana.

Dikutip dari laman Russia Today, Rabu (26/10/2022), menurut laporan tersebut, gejolak inflasi di wilayah tersebut telah menyebabkan 'perilaku mengatasi' yang tidak terlihat sejak 1970-an dan 1980-an.

Baca juga: Eropa Dihantam Badai Aksi Mogok Kerja dan Protes Mahalnya Biaya Hidup

Mulai dari melewatkan makan, memangkas pengeluaran untuk makanan, membeli barang-barang preloved atau usang dan barang-barang dengan harga yang lebih murah.

Sekitar 58 persen responden terpaksa mengurangi kebutuhan pokok dan 35 persen telah memanfaatkan tabungan pribadi atau mengambil pinjaman untuk membayar tagihan.

"Jelas bahwa keinginan konsumen untuk berbelanja saat ini 'sedang menderita' dan kemungkinan akan memburuk – dengan adanya kenaikan harga lebih lanjut yang tajam mengingat biaya input yang tinggi dan harga energi yang bergejolak," kata Wakil Presiden Senior IRI Ananda Roy.

Lebih dari setengah responden juga mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk mengurangi pemesanan makanan, sementara 47 persen mengatakan mereka akan membatasi kunjungan mereka ke restoran, bar dan kafe.

Roy menuturkan bahwa inflasi yang diprediksi tidak mereda dalam waktu dekat, akan mendorong konsumen maupun pengecer beradaptasi dengan kenyataan baru.

Badan statistik Eurostat melaporkan pekan lalu melaporkan pertumbuhan harga di Uni Eropa melonjak ke rekor tertinggi baru yakni 10,9 persen secara tahunan pada September lalu.

Baca juga: Krisis Biaya Hidup di Inggris Semakin Dalam, Jutaan Orang Terpaksa Tahan Lapar

Menurut Deloitte's Consumer Tracker, peningkatan ini terus didorong oleh biaya makanan, bahan bakar dan energi.

Akibatnya, kepercayaan konsumen di seluruh blok tetap mendekati rekor terendah, setelah turun untuk kuartal kelima berturut-turut pada kuartal ketiga tahun ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini