News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Korban Tewas Akibat Insiden Jembatan Runtuh di India Bertambah Jadi 135 Orang

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Personel penyelamat melakukan operasi pencarian setelah sebuah jembatan di seberang sungai Machchhu runtuh di Morbi di negara bagian Gujarat India pada 31 Oktober 2022. Pihak berwenang memperkirakan ada sekitar 200 orang berada di jembatan saat insiden itu terjadi. (Photo by Sam PANTHAKY / AFP)

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - Jumlah korban tewas akibat ambruknya jembatan di India bertambah menjadi 135 orang hari ini, Selasa (1/11/2022), ketika operasi pencarian memasuki hari ketiga.

Jembatan gantung era kolonial yang dibangun di atas Sungai Machchhu di kota Morbi, negara bagian Gujarat, India, penuh sesak wisatawan ketika jembatan itu runtuh pada Minggu (30/10/2022) malam, membuat orang-orang di atas jembatan terjun sekitar 10 meter ke dalam air.

Para wisatawan diketahui sedang merayakan festival Diwali dan Chhath Puja. Pihak berwenang memperkirakan ada sekitar 200 orang berada di jembatan saat insiden itu terjadi.

Baca juga: Tewaskan 134 Orang, Polisi India Tahan Sembilan Tersangka Dibalik Ambruknya Jembatan Morbi

"Satu orang yang terluka dalam insiden itu dan dirawat di rumah sakit meninggal karena luka-lukanya, sehingga jumlah korban menjadi 135," kata seorang pejabat administrasi senior di kota Morbi, GT Pandya, yang dikutip dari Reuters.

Pandya menambahkan, operasi pencarian telah dimulai kembali hari ini, dan pihaknya yakin masih "ada satu orang hilang saat ini."

Penduduk setempat di lokasi jembatan yang rusak mengatakan, mereka percaya ada lebih dari 200 orang yang berada di jembatan saat itu, sehingga mereka khawatir jumlah korban tewas dapat meningkat lebih lanjut.

Tentara India, angkatan laut dan tim tanggap bencana nasional melanjutkan operasi pencarian ketika penduduk setempat berkumpul di tepi sungai.

Jembatan dengan panjang 233 meter dan lebar 1,25 meter ini awalnya dibangun pada 1877 dan sempat ditutup selama enam bulan untuk perbaikan, hingga akhirnya dibuka kembali pada pekan lalu.

Rekaman CCTV dari insiden tersebut menunjukkan sekelompok pemuda mencoba mengayunkan jembatan dari sisi ke sisi, sementara yang lain mengambil foto sebelum mereka jatuh ke sungai.

Polisi India mengungkapkan telah menangkap sembilan orang terkait insiden tersebut pada Senin (31/10/2022).

Baca juga: Tewaskan 134 Orang, Polisi India Tahan Sembilan Tersangka Dibalik Ambruknya Jembatan Morbi

Mereka yang ditangkap termasuk petugas tiket yang dituduh membiarkan terlalu banyak orang naik ke jembatan dan kontraktor yang bertanggung jawab atas perbaikan jembatan.

Negara bagian Gujarat menyatakan hari Rabu (2/11/2022) akan menjadi hari berkabung.

Perdana Menteri India Narendra Modi, berencana mengunjungi kota industri itu dalam beberapa hari.

Modi diketahui berasal dari Gujarat dan pernah menjabat sebagai kepala menteri negara bagian itu selama hampir 13 tahun.

Modi, yang sedang berkeliling ke negara-negara bagian India, diperkirakan akan mengunjungi lokasi runtuhnya jembatan dan rumah sakit di Morbi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini