News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Rusia Perintahkan Pasukan untuk Mundur dari Kherson: Demi Keselamatan

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) bertemu dengan tentara selama kunjungan di pusat pelatihan militer Distrik Militer Barat untuk mengerahkan pasukan cadangan, di luar kota Ryazan pada 20 Oktober 2022. - Rusia perintahkan pasukannya untuk mundur dari wilayah Kherson demi keselamatan.

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shoigu memerintahkan untuk mulai menarik pasukan dari wilayah Kherson.

Shoigu mengatakan, pasukan akan ditarik mundur ke belakang Sungai Dnieper untuk menghindari serangan Ukraina ke bendungan Kakhovka.

"Mulailah menarik pasukan dan ambil semua langkah untuk memastikan relokasi yang aman bagi personel, persenjataan, dan perangkat keras di belakang Dnieper," kata Kepala Pertahanan, dikutip dari TASS.

Komandan Kelompok Pasukan Terpadu Rusia di Ukraina, Sergey Surovikin melaporkan kepada Menteri Pertahanan pada hari Rabu tentang situasi di daerah itu.

Surovikin mengatakan, di sepanjang perbatasan penghalang Dnieper adalah opsi operasi yang paling bijaksana di zona operasi militer khusus.

"Jika rezim Kiev menggunakan debit air yang lebih besar dari waduk atau serangan roket yang lebih kuat ke bendungan Kakhovka, ini akan menciptakan aliran air yang membanjiri wilayah yang luas dan menyebabkan korban sipil."

Baca juga: Rusia dan India Bahas Produksi Senjata Modern Bersama

"Kelompok pasukan kami di tepi kanan Dnieper akan muncul. Dalam kondisi ini, adalah bijaksana untuk mengatur pertahanan di sepanjang perbatasan penghalang Sungai Dnieper," kata Surovikin.

"Kawan menteri pertahanan, setelah menilai situasi saat ini secara komprehensif, usulannya adalah untuk mengambil pertahanan di sepanjang tepi kiri Sungai Dnieper."

"Saya mengerti bahwa ini adalah keputusan yang sangat tidak mudah. ​​Pada saat yang sama, kami akan mempertahankan, yang merupakan hal terpenting, kehidupan prajurit kami dan, secara keseluruhan, kemampuan tempur kelompok pasukan, yang tidak perlu, untuk disimpan di area terbatas di tepi kanan."

"Selain itu, ini akan melepaskan sebagian kekuatan dan kemampuan yang akan terlibat dalam operasi aktif, termasuk untuk serangan ke arah lain di zona operasi," ungkap Surovikin.

Pengumuman mundurnya pasukan Rusia di wilayah Ukraina ini muncul beberapa jam setelah Wakil Kepala Kherson, Kirill Stremousov dilaporkan tewas karena kecelakaan mobil.

Baca juga: Ukraina Ingin KTT G20 Bahas Penderitaan Ribuan Anak yang Dideportasi ke Rusia: Ini adalah Genosida

Ramzan Kadyrov, pemimpin Chechnya mengatakan, Surovikin telah "membuat pilihan yang sulit tetapi tepat antara pengorbanan yang tidak masuk akal demi pernyataan keras dan penyelamatan nyawa prajurit yang tak ternilai harganya."

Dikutip dari Al Jazeera, Yevgeny Prigozhin, pendiri kelompok tentara bayaran Wagner yang berjuang untuk Rusia di Ukraina mengatakan: "Keputusan yang diambil oleh Surovikin tidak mudah, tetapi dia bertindak seperti orang yang tidak takut akan tanggung jawab."

Komentar Ukraina

Luhansk, Donetsk, Kherson dan Zaporizhzhia, 4 wilayah yang akan mengadakan referendum (Graeme Bruce/CBC News)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini