News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menlu Retno Usul Korea Berikan Bebas Visa kepada Wisatawan RI untuk Kunjungan Singkat

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengusulkan agar Korea dapat memberikan bebas visa kepada wisatawan Indonesia untuk kunjungan singkat untuk meningkatkan koneksi people-to-people Indonesia dan Korea.

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengusulkan agar Korea dapat memberikan bebas visa kepada wisatawan Indonesia untuk kunjungan singkat untuk meningkatkan koneksi people-to-people Indonesia dan Korea.

Hal ini disampaikan Menlu RI pada Joint Commission Meeting (JCM) Indonesia-Korea ke-4 dengan Menlu Korea, Park Jin pada Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Menlu Retno Terbang ke Jepang, Cari Investor untuk IKN, Pelabuhan Patimban dan MRT

Retno menyambut baik percepatan proses aplikasi visa Korea dari 2 minggu menjadi 3 hari, namun dia berharap ada kebijakan bebas visa untuk kunjungan singkat bagi wisatawan RI ke Korea.

Menlu juga mendorong agar target 300.000 wisatawan Korea ke Indonesia dapat ditingkatkan seiring semakin baiknya penanganan pandemi.

Selain membahas visa, pada pertemuan 2 Menlu juga membahas Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Dalam konteks kerja sama SDM, pemerintah Indonesia menyambut baik tambahan kuota sebanyak 1.500 orang untuk pekerja Indonesia di sektor manufaktur di Korea.

Baca juga: Pertemuan Menlu AS dan Menlu RI di India Bahas ASEAN, Afghanistan Hingga Myanmar

Menlu Retno juga menyampaikan harapan agar Korea dapat membuka sektor baru untuk pekerja Indonesia, seperti perawat dan deep-sea welding.

"Saya dorong kerja sama pengembangan kapasitas tenaga kerja Indonesia melalui e-learning dan pendidikan vokasi dan politeknik, serta pembangunan Migrant Worker Center di Bekasi," ujar Menlu Retno.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini