News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Serangan Zelensky Gagal di Krimea, Belasan Drone Kamikaze Tak Sampai Sasaran

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Drone Ukraina UJ-22 Jatuh, Diduga Targetkan Fasilitas Gas Rusia

TRIBUNNEWSS.COM – Rusia berhasil menangkal lebih dari sepuluh drone bunuh diri yang dikirimkan Ukraina untuk menyerang Krimea pada Sabtu (6/5/2023) malam.

Gubernur Sevastopol Mikhail Razvozhaev mengatakan, drone kamikaze tersebut berhasil dicegat oleh pertahanan udara Rusia dan tercecer sebelum sampai sasaran.

Serangan itu berhasil dipukul mundur, menurut pejabat itu, dan tidak ada kerusakan yang disebabkan oleh UAV tersebut.

Baca juga: Ukraina Tembak Jatuh Drone yang Terbang di Atas Kyiv, Penduduk Kena Tembakan dan Ledakan

Dalam pesan Telegram yang diposting pada hari Minggu, Razvozhaev melaporkan bahwa satu drone jatuh di hutan dan dua lainnya dicegat oleh pertahanan udara.

“Tidak ada benda di kota yang rusak. Semua dinas terus memantau situasi,” imbuhnya seperti dilaporkan Russia Today.

Pada hari Sabtu, pejabat setempat melaporkan bahwa pasukan Ukraina telah meluncurkan setidaknya dua rudal balistik menuju Krimea pada hari sebelumnya. Mereka berdua dijatuhkan oleh pertahanan udara.

Crimea telah berulang kali menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak dan rudal Ukraina, dengan serangan dilaporkan menjadi lebih sering dalam beberapa pekan terakhir.

Kiev bersikeras merebut kembali semua bekas wilayahnya dari Rusia, termasuk Krimea, yang memilih dalam referendum untuk bergabung dengan Rusia pada 2014 setelah kudeta Maidan yang didukung Barat.

Empat bekas wilayah Ukraina lainnya – Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk, wilayah Zaporozhye dan Kherson – memilih untuk menjadi bagian dari Rusia dalam referendum serupa September lalu.

Moskow mengatakan terbuka untuk pembicaraan jika Kiev mengakui "kenyataan di lapangan.

" Namun, Presiden Ukraina Vladimir Zelensky menandatangani dekrit yang melarang negosiasi dengan kepemimpinan Rusia saat ini.

Selain Krimea, pasukan Ukraina menggempur kota Donetsk dengan artileri berat sepanjang Sabtu, menurut kelompok lokal yang memantau serangan Ukraina. Lebih dari 100 proyektil ditembakkan ke daerah pemukiman dan pinggiran kota sepanjang hari, klaim laporan itu.

Baca juga: Serangan drone ke Kremlin: Ukraina bantah serang Putin atau Moskow

Serangan itu merenggut nyawa dua warga sipil dan melukai empat lainnya, termasuk seorang anak berusia 10 tahun, klaim kelompok pemantau Pusat Kontrol dan Koordinasi Bersama (JCCC).

Pasukan Kiev menggunakan howitzer kaliber NATO dan Soviet untuk menargetkan kota, dan juga menembakkan 30 proyektil dari beberapa peluncur roket yang tidak ditentukan, kata kelompok itu.

Distrik Petrovsky paling barat kota itu, yang selama berbulan-bulan telah menjadi target utama serangan Ukraina karena kedekatannya dengan garis depan, menjadi sasaran penembakan yang sangat berat.

Baca juga: Kebakaran Depot Minyak Rusia di Krasnodar, Diduga akibat Serangan Drone

Kedua korban jiwa terdaftar di sana, dengan rekaman yang beredar secara online menunjukkan kerusakan parah yang ditimbulkan pada rumah-rumah penduduk.

Selama konflik antara Rusia dan Ukraina, yang telah berkecamuk sejak Februari 2022, kota Donetsk menjadi sasaran serangan artileri berat oleh pasukan Kiev hampir setiap hari.

Republik Rakyat Donetsk dimasukkan ke dalam Rusia Oktober lalu, bersama dengan Republik Rakyat Lugansk, serta dua bekas wilayah Ukraina Zaporozhye dan Kherson. Populasi dari empat wilayah memilih untuk bergabung dengan Rusia dalam referendum.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini