News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Trending

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-446: 2 Komandan Militer Rusia Tewas di Ukraina Timur

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato saat mengunjungi Helsinki, Finlandia pada Rabu (3/5/2023). Dalam kunjungannya, Presiden Zelensky bertemu dengan pejabat Finlandia, Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson, Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen dan Perdana Menteri Islandia Katrin Jakobsdottir.

TRIBUNNEWS.COM - Rusia mengatakan dua komandan militernya tewas di Ukraina saat pasukan Kyiv mencoba menerobos pertahanan Moskow di Bakhmut.

Kementerian Pertahahanan Rusia mengatakan, komandan Vyacheslav Makarov dari brigade senapan bermotor ke-4 dan wakil komandan Yevgeny Brovko dari unit terpisah tewas saat mencoba menghalau serangan Ukraina, Minggu (14/5/2023).

Selengkapnya, simak rangkuman update perang Rusia vs Ukraina hari ke-446 berikut yang dikutip dari The Guardian.

Prancis umumkan bantuan kendaraan lapis baja untuk Ukraina

Prancis mengumumkan lusinan tank ringan dan kendaraan lapis baja lagi untuk tentara Ukraina.

Paris juga akan memberikan pelatihan untuk tentara yang menggunakannya.

Pengumuman ini disampaikan menyusul pembicaraan antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Paris.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-445: 3 Orang Terluka dalam Serangan Rusia di Mykolaiv

Zelensky dan Macron juga menyerukan sanksi baru terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Pernyataan bersama para pemimpin juga mengatakan Paris akan memfokuskan upayanya dalam mendukung kapasitas pertahanan udara Ukraina.

Zelensky terbang ke Prancis

Pengumuman terbaru kedua pemimpin tersebut muncul usai Zelensky terbang ke Prancis pada Minggu (14/5/2023) malam dalam tur ke Eropa.

Zelensky ucapkan terima kasih atas bantuan militer Jerman

Zelensky berterima kasih kepada Jerman atas dukungannya dan apa yang dia sebut sebagai paket bantuan militer terbesar sejak awal invasi Rusia saat dia bertemu dengan presiden Frank-Walter Steinmeier dan kanselir Jerman, Olaf Scholz, di Berlin pada hari Minggu.

Perjalanan itu dilakukan setelah pemerintah Jerman mengumumkan paket militer baru senilai €2,7 miliar saat pasukan Ukraina mempersiapkan serangan balasan untuk merebut kembali wilayah yang direbut oleh Rusia.

Zelensky terima anugerah bergengsi dari Jerman

Selama kunjungan Volodymyr Zelensky ke Jerman, dia dianugerahi penghargaan bergengsi Charlemagne atas nama rakyat Ukraina untuk menghormati layanannya ke Eropa.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-443: Inggris Sumbang Rudal Storm Shadow Jarak Jauh ke Kyiv

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato saat mengunjungi Helsinki, Finlandia pada Rabu (3/5/2023). Dalam kunjungannya, Presiden Zelensky bertemu dengan pejabat Finlandia, Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson, Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen dan Perdana Menteri Islandia Katrin Jakobsdottir. (Ukrainian Presidential Press Office)

Presiden Ukraina menerima penghargaan, yang menghormati layanan unifikasi Eropa, di kota barat Aachen dengan Olaf Scholz setelah pembicaraan mereka di Berlin.

2 komandan Rusia tewas di Ukraina timur

Rusia mengatakan dua komandan militerna tewas di Ukraina saat pasukan Kyiv mencoba menerobos pertahanan Moskow di Bakhmut.

Kementerian Pertahahanan Rusia mengatakan bahwa komandan Vyacheslav Makarov dari brigade senapan bermotor ke-4 dan wakil komandan Yevgeny Brovko dari unit terpisah tewas saat mencoba menghalau serangan Ukraina, Minggu (14/5/2023).

Rusia disebut kalah secara geopolitik

Rusia telah “telah kalah secara geopolitik” dalam perangnya di Ukraina dan berubah menjadi negara bawahan China, kata Emmanuel Macron.

“De facto, itu telah memasuki bentuk kepatuhan terhadap China dan telah kehilangan aksesnya ke Baltik, yang kritis, karena mendorong keputusan Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan NATO,” kata presiden Prancis itu dalam sebuah wawancara dengan Koran opini diterbitkan pada hari Minggu.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-442: Moskow akan Evakuasi 3.000 Pekerja dari PLTN Zaporizhzhia

Inggris klaim pasukan Rusia jauh berkurang sejak invasi

Pasukan Rusia jauh berkurang sejak dimulainya perang, kata Kementerian Pertahanan Inggris, dengan pasukan yang sebagian besar terdiri dari cadangan mobilisasi yang kurang terlatih dan semakin bergantung pada peralatan kuno.

Banyak unitnya sangat lemah, katanya.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini